2 Cara Mudah Mengecek Windows 10 Original atau Bajakan

2 Cara Mudah Mengecek Windows 10 Original atau Bajakan

Menggunakan barang yang original sangat di sarankan bahkan harus, karena pada dasarnya kita harus berterima kasih kepada pengelola atau pembuat untuk menghargai perjuangan keras mereka.

Di dunia teknologi juga ada yang namanya software original dan software bajakan, pada umumnya ketika sebuah software baru di rilis, kemungkinan besar akan diikuti juga oleh versi bajakan dari software tersebut.

Berbicara tentang windows, masih banyak orang yang baru saja membeli laptop atau pc mengira windowsnya original, padahal ternyata windows tersebut palsu, kebanyakan di antara mereka yang tertipu adalah orang yang sangat awam tentang teknologi.

Untuk menghindari hal serupa, maka kita harus mengetahui bagaimana cara untuk mengecek windows 10 tersebut, apakah original atau bajakan. Perlu Anda ketahui, windows original yang dimaksud adalah windows 10 yang diaktivasi menggunakan lisensi/product key langsung dari pihak microsoft. 

Sementara windows bajakan yang dimaksud juga adalah windows yang di aktivasi menggunakan software pihak ketiga seperti salah satunya adalah aplikasi "KMSpico".

Cara Paling Mudah untuk Mengetahui Perbedaan Windows 10 Original atau Bajakan

  • Notifikasi : Biasanya jika Anda menggunakan windows 10 bajakan, Anda akan mendapatkan notifikasi peringatan bertuliskan "Activate Windows: Go to Settings to Activate Windows” di pojok kanan bawah desktop. Hal ini terjadi apabila Windows bajakan tersebut dikenali palsu oleh pihak Microsoft.

Cara Mengecek Windows 10 Original atau Bajakan

  1. Klik Start, kemudian pilih Settings.
  2. Pilih menu Update & Security.
  3. Pada panel sebelah kiri, klik tab Activation.
  4. Di panel sebelah kanan, Anda dapat melihat status aktivasi Windows 10 Anda. Bila di bagian Activation berisikan pesan "Windows is activated with a digital licence", berarti Windows 10 Anda bisa dipastikan original dan sudah teraktivasi.
2 Cara Mudah Mengecek Windows 10 Original atau Bajakan


Cara Kedua

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengecek asli atau tidaknya Windows Anda melalui Control Panel. Anda bisa membukanya lewat Control Panel > System & Security > System. Namun, ada cara lain yang lebih mudah yaitu sebagai berikut.

  1. Klik tombol Windows/Start > Klik kanan This PC > pilih Properties.
  2. Jendela System akan muncul. Di bagian Windows Activation, Anda dapat melihat apakah Windows Anda sudah teraktivasi atau belum. Bila pesannya bertuliskan “Windows is activated” serta ada Product ID di bawahnya, berarti Windows 10 Anda asli dan sudah teraktivasi.

Jenis Lisensi Windows 10

Jenis-jenis lisensi windows 10 yang harus Anda ketahui :
  1. OEM : Kepanjangan dari Original Equipment Manufacture. Lisensi ini dikeluarkan oleh perusahaan vendor, dan jenis lisensi ini tidak dapat dipindahkan ke perangkat lain.
  2. Retail : Lisensi yang biasa disebut FPP (Full Packed Product). Biasanya didapatkan ketika Anda membelinya di toko retail ataupun secara online. Berbeda dengan lisensi OEM, Anda bisa memindahkan lisensi Retail dari PC 1 ke PC lainnya.
  3. Volume :  Lisensi ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang memiliki perangkat komputer yang banyak. Lisensi Volume ini bisa mengaktivasi lebih dari 1 mesin, banyaknya tergantung dari Volume Licensing Agreements yang dibuat antara perusahan dan penjual lisensi. Untuk lisensi jenis ini digunakan oleh Edisi Windows 10 Enterprise.

Keuntungan Menggunakan Windows 10 Original dibanding Windows Bajakan

  1. Mendapat dukungan penuh dari Microsoft selamanya.
  2. Bebas pindah perangkat/device.
  3. Aman & Nyaman.
  4. Yang paling penting adalah halal. (sebaliknya menggunakan software bajakan adalah haram).

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID