Mengenal Struktur Dasar Template Blogger Untuk Pemula

Mengenal Struktur Dasar Template Blogger untuk Pemula

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai struktur dasar pada template blog. Perlu Anda ketahui, sebelum membuat template blog, tentu yang harus dibuat pertama kali adalah struktur mentah terlebih dahulu sebelum di tuangkan kedalam format html/xml markup blogger.

Saya sendiri sebelum membuat template blog, pertama-tama saya akan membuat desain strukturnya di aplikasi desain grafis. Setelah itu baru deh tuangin ke html dengan menggunakan visual studio code.

Apa itu Template Blog ?

Secara singkat template blog adalah tampilan halaman sebuah blog atau situs, yang fungsinya untuk menampilkan isi (postingan, widget) dari konten blog tersebut. Template blog dibuat dengan bahasa pemrograman seperti html, javascript, php, css yang di bungkus dalam satu format .xml (untuk tema blogger.com) di dalam template blog sendiri terdapat struktur dasar seperti body, header, content, sidebar, footer.

Berikut penjelasan dari bagian struktur dasar template blog tersebut :

1. Body

Pada struktur awal template terdapat bagian body yang kegunaannya untuk menampilkan seluruh elemen-elemen blog, serta membungkus seluruh bagian mulai dari header, content, sidebar, footer.

2. Header

Header merupakan bagian yang biasanya digunakan untuk menampilkan logo, deskripsi blog, dan laman-laman pada bagian paling atas blog.

3. Content

Content merupakan bagian untuk menampilkan artikel atau postingan blog, untuk posisi konten bisa di mana saja tergantung selera dari masing-masing pengelola blog, bisa di bagian kanan, tengah, dan kiri.

4. Sidebar

Pada bagian sidebar biasanya digunakan untuk menampilkan berbagai macam widget seperti postingan populer, atau bisa juga di isi dengan iklan. Letaknya persis disamping content.

5. Footer

Footer adalah bagian paling akhir dari seluruh struktur template blogger, letaknya berada di paling bawah sebuah blog. Pada bagian footer, biasanya di isi dengan link kontak, informasi singkat sebuah blog.

Kesimpulan

Gunakan atau buatlah template blog dengan tampilan yang mudah dipahami oleh pengunjung, gunakan widget secukupnya jangan berlebihan, karena blog yang terlihat banyak widget akan mengganggu visibilitas pengunjung, belum lagi jika template tersebut tidak memiliki score kecepatan yang bagus. 

Hindari mengganti template blog dalam jarak yang cukup dekat. Karena efek dari mengganti template blog sangatlah fatal. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak artikel berikut, akibat sering mengganti template blog.

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID