9 Tips Menulis Konten Blog untuk Pemula

9 Tips Menulis Konten Blog untuk Pemula

Menulis blog dapat digunakan untuk menyalurkan ide dan pemikiran. Blogging juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi untuk menyebarkan informasi dan berita paling update. Lalu bagaimana cara menulis konten blog yang baik jika masih pemula? Yuk Simak tips menulis blog untuk pemula berikut.

1. Memilih Platform Blog

Memilih platform blog merupakan hal penting yang harus diperhatikan bagi blogger pemula. Blog yang dipilih harus sesuai dengan konten dan kemampuan penulis.

Content Management System (CMS) merupakan platform yang dapat membuat blog bagi pemula.

Selain Blogger.com, Salah satu CMS yang dapat digunakan yaitu WordPress. WordPress merupakan platform yang ramah mesin pencari dan dapat Anda gunakan untuk mengelola blog dengan mudah tanpa membutuhkan skill tertentu.

2. Tulislah Apa yang Anda Sukai

Tips menulis blog untuk pemula selanjutnya adalah menulis artikel yang Anda sukai. Jika ingin membuat blog, isilah dengan topik atau tema yang Anda sukai karena blog merupakan hasil representasi ide dari sang penulis.

3. Berbeda Dengan yang Lain

Buatlah blog dengan keunikan atau kelebihan yang tidak dimiliki oleh blog lain yang mirip dengan konten Anda. Sebaiknya, lakukan riset terlebih dahulu terhadap blog-blog yang mirip dengan blog Anda. Kemudian, carilah kelemahannya dan jadikan itu sebagai kelebihan dari blog Anda.

4. Kunci Membuat Blog Adalah Konten

Konten yang menarik akan membuat blog Anda ramai dikunjungi oleh pembaca. Tempatkan diri Anda sebagai pembaca untuk melihat seberapa menarik blog tersebut. Pelajari beberapa nilai berita dan terapkan pada artikel Anda.

Beberapa nilai berita di antaranya yaitu keunikan, pengaruh atau dampak, kepentingan bagi pembaca konflik, dan kedekatan dengan pembaca. Nilai-nilai tersebut dapat diterapkan ketika menulis artikel untuk menambah daya tarik dari blog Anda.

5. Kenali Target Audiens

Sebagai blogger pemula, hendaknya Anda harus mengenali siapa target audiensnya. Sebelum mengembangkan sebuah blog, buatlah terlebih dahulu gambaran mengenai target pembaca ideal yang Anda inginkan.

Jika sudah mengenal target audiens, sebaiknya Anda melakukan riset tentang apa yang mereka sukai dan butuhkan. Kemudian, jadikan blog Anda untuk menjawab kebutuhan dari pembaca.

6. Memiliki Niche yang Kuat

Sebuah konten blog harus mempunyai arah yang jelas. Kesalahan dari kebanyakan blogger pemula yaitu menulis artikel dengan berbagai macam topik. Sebelum membuat blog, hendaknya menetapkan niche yang diinginkan terlebih dahulu dan membatasi topik pada artikel yang ditulis.

Jika ingin membuat beberapa topik, lebih baik membuat kategori atau sub-kategori yang masih relevan dengan niche market utama yang Anda tentukan.

7. Konsisten

Seorang blogger yang baik harus konsisten terhadap isi maupun konten dari blog-nya. Blog akan berkembang jika Anda melakukan perencanaan dengan matang untuk beberapa waktu ke depan. Jangan sampai kualitas penulisan artikel menurun ketika membuat konten blog.

8. Pilih Tampilan Visual yang Menarik

Tampilan visual yang menarik dan relevan akan menjadi kelebihan tersendiri dari sebuah blog. Menambahkan gambar yang jelas akan menambah ketertarikan pembaca untuk mengunjungi blog Anda.

9. Jangan Terlalu Banyak Membahas Diri Sendiri

Dalam menulis konten blog, hendaknya tetap sesuaikan dengan konteks dan jangan terlalu membahas tentang diri sendiri. Pembaca hanya ingin mengetahui informasi yang mereka butuhkan. Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh menyelipkan cerita atau pendapat pribadi di artikel.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa tips menulis blog untuk pemula.

Tips-tips tersebut dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum menulis artikel blog.

Setelah semua persiapan membuat blog sudah dilakukan, mulailah menulis artikel di blog tersebut untuk menjadi seorang blogger yang konsisten.

4 komentar

  1. Untuk bagian konsisten itu yang sampai saat ini masih belum bisa 100% saya terapkan bang. Menulis masih tergantung sama mood. Walau pun blog saya cuma blog personal yang membahas kehidupan sehari-hari, tapi saya juga pengen bisa konsisten menulis biar blog nya kelihatan lebih "hidup"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, konsisten memang berat banget, saya pribadi juga ngerasain kok kalo berat bgt, mood mood an wkwkw

      Hapus
  2. pindah bang dari my.id ke id?mau nyari update template yang dishare di abbox.my.id belum muncul ya?hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa pindah nih, yg lama sudah pindah tangan, untuk template blm saya update linknya.

      Hapus

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID