Kesan Pertama Upgrade ke Windows 11, Apakah Lebih Ringan?

Kesan Pertama Upgrade ke Windows 11, Apakah Lebih Ringan

Windows 11 hadir dengan tampilan yang lebih bersih dan sederhana, tak hanya tampilannya saja, diketahui juga bahwa windows 11 secara internal lebih ringkas dibandingkan dengan sistem operasi windows 10.

Tepat pada tanggal 26 oktober 2021 kemarin, saya mendapatkan update windows 11 secara gratis melalui windows update. Tentu hal ini membuat saya senang sekali, karena setelah penantian panjang akhirnya mendapatkan giliran untuk bisa upgrade dari windows 10 ke windows 11 secara resmi dari microsoft.

Untuk itu saya akan memberikan kesan pertama saya kepada Kamu setelah melakukan upgrade ke windows 11. Apakah Windows 11 lebih ringan jika dibandingkan dengan windows 10? Sebelum menjawab pertanyaan itu, saya akan memberikan spesifikasi laptop yang saya gunakan sebagai berikut.

Device Name Abbox.ID
Processor Intel(R) Core(TM) i5-10210U CPU @ 1.60GHz 2.11 GHz
Installed RAM 8,00 GB (7,80 GB usable)
System type 64-bit operating system, x64-based processor
Storage 512 GB SSD

Sebelumnya juga saya sudah membagikan beberapa artikel mengenai Cara Mengecek Apakah PC Anda Memenuhi Persyaratan Sistem untuk Windows 11 dan Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Upgrade ke Windows 11. Saya melakukan upgrade dari windows 10 ke windows 11 ini memakan waktu kurang lebih 2 jam, dengan menggunakan wifi kecepatan standar, mulai dari downloading sampai ke proses installing.

Kesan Pertama

Pertama, yang saya rasakan yaitu tampilan windows 11 jauh lebih elegan di banding windows 10, membuat tampilan windows ini semakin menarik, mulai dari tampilan taskbar, tombol start menu, widgets, file explorer hingga wallpaper yang menarik dan tentunya tersedia juga untuk mode malam atau biasa yang di kenal dengan dark mode. Selain itu animasi windows 11 juga terbilang smooth.

Kesan Pertama Upgrade ke Windows 11, Apakah Lebih Ringan?

Waktu Booting Windows 11

Diperangkat ini, waktu booting yang saya dapatkan kurang lebih 12.75 detik.

Task Manager Performance

Berikut tampilan performance ketika laptop dalam keadaan iddle atau tidak menjalankan aplikasi apapun (after booting).

  • Penggunaan CPU : 1-10%
  • Penggunaan Memory (RAM) : 45%
Kesan Pertama Upgrade ke Windows 11, Apakah Lebih Ringan?

Kesimpulan

Sejak windows 11 ini rilis, ada beberapa user windows yang terganggu karena beberapa bugs, seperti salah satunya bug memakan RAM yang sangat banyak, hal tersebut sangat wajar terjadi karena memang tidak semua perangkat akan mendapatkan hasil yang sama. Kemungkinan Microsoft akan memperbaiki tersebut pada update selanjutnya agar software bisa berjalan lebih stabil diseluruh perangkat. Namun, sampai detik ini saya tidak menemukan adanya bugs, dengan kata lain semuanya berjalan normal-normal saja.

Baca juga: Cara Kompres File PDF Jadi Lebih Kecil

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID