Strategi Mempromosikan Konten Blog yang Paling Efektif

Strategi Mempromosikan Konten Blog yang Paling Efektif

Promosi konten blog sangat penting dilakukan dengan tujuan agar lebih banyak pembaca atau menambah pengunjung pada situs Anda. Lalu, bagaimana cara untuk mempromosikan blog agar banyak dikunjungi pembaca? Simak strategi mempromosikan konten blog yang paling efektif berikut ini.

1. Menyiapkan “Umpan” Sebelum Konten Diterbitkan

Sebelum menerbitkan sebuat konten di blog, Anda harus memikirkan strategi untuk mempromosikan konten tersebut. Pilihlah topik yang bersifat mendesak (urgent) sehingga pembaca menganggap bahwa konten tersebut harus segera dibaca.

Buatlah konten blog yang mengandung beberapa unsur yaitu kredibel, praktis, dan emosional agar menarik pembaca. Jika ketiga unsur tersebut diterapkan dalam konten Anda, maka memungkinkan pengunjung blog akan meningkat.

2. Membuat Email List

Mempromosikan konten blog menggunakan email list dapat mendatangkan pengunjung lebih mudah. Kirimkan setiap konten baru Anda melalui email list. Dengan menggunakan email list, Anda sudah mempunyai sumber traffic yang selalu ada untuk menerima konten baru yang dibuat.

3. Pasang Link ke Blog-blog Lain dari Artikel Anda

Cara yang paling mudah untuk mempromosikan konten di blog yaitu dengan mencantumkan link ke artikel-artikel lain yang Anda buat. Usahakan mencantumkan artikel yang relevan dengan yang lain agar pembaca dapat langsung mengunjungi artikel tersebut setelah konten sebelumnya.

4. Gabung di Grup Facebook yang Populer

Anda dapat mempromosikan konten blog di grup Facebook. Jika sudah bergabung dengan grub Facebook yang sesuai dengan niche Anda, share link artikel yang ingin dipromosikan di grup tersebut.

Semakin banyak bergabung dengan grup, memungkinkan untuk meningkatkan pembaca pada blog Anda. Meskipun demikian, patuhi semua aturan yang ada di grub tersebut agar tidak di-blacklist oleh admin grup.

5. Bagikan Konten Blog di Media Sosial Lain

Selain menggunakan Facebook, Anda juga dapat mempromosikan konten blog di media sosial lainnya seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, dan yang lainnya. Pasanglah link pada media sosial agar memudahkan pengunjung menemukan konten di blog Anda.

6. Guest Blogging di Situs Lain

Strategi mempromosikan konten blog yang paling efektif juga dapat dilakukan dengan cara guest blogging. Guest blogging merupakan suatu stratagi yang digunakan untuk meningkatkan popularitas dari sebuah konten blog dengan cara menulis konten di situs lain.

Carilah situs yang mempunyai domain authority yang baik untuk menulis artikel. Sebelum menjadi guest blogging, pahami aturan-aturan yang ada di situs tersebut. Jadilah guest blogging pada situs yang dapat meningkatkan brand dan traffic pada konten blog Anda.

7. Publish di Berbagai Situs Populer

Cara lain untuk mempromosikan konten blog yaitu dengan mempublishnya di situs yang populer. Apabila konten Anda berupa artikel, ubahlah dahulu sesuai dengan kriteria dan ketentuan dari situs tersebut.

Beberapa situs yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan konten yaitu SlideShare, Youtube, Kompasiana, Scridb, dan sebagainya. Beberapa situs tersebut akan mudah untuk mendapatkan rangking di Google dibandingkan dengan website baru.

8. Gunakan Tools yang Memudahkan Promosi Konten

Anda dapat mempermudah promosi konten blog dengan menggunakan tools untuk mempersingkat waktu. Pilih tools yang dapat membantu Anda dalam mempromosikan konten. Jangan memilih tools yang bersifat spam untuk mempromosikan konten Anda.

Beberapa tools yang dapat digunakan untuk mempromosikan konten blog anda diantaranya Buffer, Gmass, Ahrefs. Selain tool-tool tersebut, terdapat beberapa alternatif lain seperti Hootsuite, PostPlanner, BuzzStream, ContentMarketer.io, BuzzSumo, dan sejenisnya.

Itulah beberapa strategi untuk mempromosikan konten blog paling efektif yang bisa Anda coba.

Dengan adanya promosi, kegiatan tersebut akan meningkatkan pengunjung pada konten blog sekaligus meningkatkan popularitas blog.

2 komentar

  1. Kalau saya palingan cuma promosi di Facebook kemudian screenshot tulisan terbaru lalu jadikan story di WhatsApp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah promosi lewat Whatsapp juga ya, saya cuman Facebook, Twitter.

      Hapus

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID