Apa itu Blogger? Penjelasan untuk Pemula

Apa itu Blogger? secara singkat blogger merupakan platform yang menyediakan layanan untuk menerbitkan artikel atau konten yang berisi tulisan kepada siapapun yang ingin menerbitkan karya tulisannya.

Lebih detailnya Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu.

Blogger dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain blogspot.com.

Sejarah


Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan desain ulang besar, menambahkan fitur seperti templat yang sesuai standar web, halaman arsip individual untuk posting, komentar, dan posting melalui email. Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam versi beta, dengan nama sandi "Invader", di samping rilis emas. Ini memigrasikan pengguna ke server Google dan memiliki beberapa fitur baru, termasuk bahasa antarmuka dalam bahasa Prancis, Italia, Jerman, dan Spanyol. Pada Desember 2006, Blogger versi baru ini dikeluarkan dari versi beta. Pada Mei 2007, Blogger telah sepenuhnya pindah ke server yang dioperasikan Google. Blogger menduduki peringkat 16 dalam daftar 50 domain teratas dalam hal jumlah pengunjung unik pada tahun 2007.

Pada 24 Februari 2015, Blogger mengumumkan bahwa pada akhir Maret tidak akan lagi mengizinkan para penggunanya memposting konten yang eksplisit secara seksual, kecuali jika ketelanjangan menawarkan "manfaat publik yang besar," misalnya dalam konteks artistik, pendidikan, dokumenter, atau ilmiah. Pada 28 Februari 2015, yang merupakan reaksi keras dari blogger jangka panjang, Blogger membalikkan keputusannya untuk melarang konten seksual, kembali ke kebijakan sebelumnya yang memungkinkan gambar dan video eksplisit jika blog ditandai sebagai" dewasa ".

Biaya dan Fasilitas


Layanan Blogger bisa di akses oleh seluruh pengguna akun Google. Karena akun Google itu sendiri sudah terintegrasi dengan seluruh layanan seperti Google AdSense, Google Analytics dan tentunya sudah terintegrasi juga dengan layanan Blogger.

Blogger sudah menyiapkan beberapa pilihan template gratis untuk blog yang Anda buat, selain itu Anda juga dapat membuat template kustom dengan selera Anda sendiri melalui pengaturan tata letak blogger. Dengan membuat blog di blogger.com, Anda akan mendapatkan blog dengan domain blogspot.com secara gratis.

Keamanan


Blogger itu berada di naungan perusahaan Google, Walau tidak sepenuhnya bisa menjamin keamanan, tetap semua hal terburuk bisa saja terjadi dari mana saja dan kapan aja, Namun tidak perlu khawatir, tingkat keamanan yang di miliki Google menurut saya pribadi sudah lebih dari kata aman.

Domain Kustom


Untuk Anda yang tidak ingin menggunakan domain bawaan blogger (blogspot.com), Anda bisa mengubahnya dengan domain berbayar, semua dapat Anda lakukan dengan mudah di platform Blogger.

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID