Panduan Membuat Postingan Blog untuk Pemula

Panduan Membuat Postingan Blog untuk Pemula

Blogger memiliki keunggulan dalam User Interface/tampilannya yang rapih, friendly, enak dilihat dan mudah untuk dimengerti untuk pemula sekalipun.

Setelah kamu membuat blog baru, mungkin masih ada beberapa diantara kamu yang masih kurang atau belum paham sama sekali bagaimana cara membuat postingan atau artikel baru pada blogger.

Untuk membuat artikel langsung melalui menu editor blogger, yang kamu butuhkan adalah koneksi internet yang stabil, dan perangkat smartphone atau laptop.

Untuk mempermudah dan mendapatkan hasil yang maksimal saya sangat merekomendasikan kamu untuk menggunakan laptop atau PC. Karena jika menggunakan smartphone untuk sebagian orang sangat tidak efisien dikarenakan layar yang kecil, sehingga akan mempersulit dalam proses pembuatan artikel nantinya.


Panduan Membuat Postingan Blog Untuk Pemula

  1. Masuk ke Blogger.com menggunakan akun Gmail.
  2. Setelah masuk ke Dashbor Blogger, kamu bisa langsung klik + Postingan Baru.
  3. Selanjutnya kamu akan dialihkan menuju halaman Editor.
  4. Buatlah artikel yang kamu inginkan, setelah itu klik Publikasikan.
  5. Selesai.


Penjelasan Menu Editor Blogger


1. Judul

Isi dengan judul artikel yang ingin kamu buat. Sementara dibawah judul terdapat berbagai macam icon seperti untuk mengatur besarnya huruf, tebal, garis bawah, huruf miring, mengubah warna font, menyisipkan gambar, mengatur rata kiri, rata kanan, tengah. 

Pratinjau

Untuk meninjau artikel sebelum di publikasikan/terbitkan.
  • Pada sub pratinjau terdapat opsi lainnya yaitu Simpan : untuk menyimpan artikel.

2. Publikasikan

Untuk menerbitkan artikel ketika keseluruhan artikel kamu sudah diisi dan siap untuk dipublis.

3. Label

Untuk mengatur kategori postingan. Sebagai contoh, jika postingan kamu berhubungan dengan “Cara membuat blog”, kamu bisa memasukkan label dengan “Tips Ngeblog” atau hanya "Blogging" dan seterusnya, kamu dapat mengubah label postingan kapan saja.

4. Dipublikasikan Pada

Untuk mengatur hari dan tanggal secara otomatis atau khusus pada saat menerbitkan artikel. Jika kamu memilih “Setel tanggal dan waktu”, kamu dapat memilih tanggal dan waktu untuk postingan yang akan diterbitkan secara otomatis dengan tanggal dan waktu yang sudah kamu tentukan.

5. Permalink

Untuk mengatur link otomatis/ link khusus. Sebagai contoh, permalink secara otomatis akan terbuat sesuai dengan judul artikel, sementara kamu juga bisa membuat permalink sesuai dengan keinginan (custom permalink). Gunakan permalink yang deskriptif untuk menghasilkan SEO On Page yang maksimal.

6. Lokasi

Untuk menambahkan lokasi.

7. Deskripsi Penelusuran

Untuk membuat deskripsi mengenai isi konten/artikel. Cara termudahnya adalah dengan menggunakan formula: masalah + solusinya. Masalah untuk menarik perhatian, sedangkan solusi untuk bikin penasaran. (https://www.bloggingmo.com/optimasi-seo-on-page/)

Misalnya, untuk deskripsi meta konten ini, saya membuatnya seperti ini:

Belum tahu SEO on Page? Berikut ini 10 cara optimasi SEO on Page yang efektif, lengkap dengan contoh-contohnya.

8. Opsi

Untuk mengatur komentar pembaca.

9. Tag Robot Kustom

Untuk membuat tag robot khusus.

Penutup

Pada dasarnya semua yang ada di dalam Postingan Editor Blogger itu kurang lebih hampir sama dengan membuat tulisan pada Microsoft Word. Saya yakin kamu bisa sangat mudah untuk memahami setiap bagiannya.

2 komentar

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID