Panduan Memasang Widget di Blogger

Panduan Memasang Widget di Blogger

Apa itu Widget? dan apa fungsi dari widget?. Widget adalah sebuah fitur pendukung yang sifatnya opsional untuk kelengkapan maupun kebutuhan blog itu sendiri.

Widget atau yang biasa disebut gadget ini bisa kamu pasang dan diletakan diposisi blog sesuai keinginan. Karena sifatnya yang opsional, maka tidak ada keharusan untuk memasang widget di blog.

Di blogger.com sudah disediakan beberapa gadget yang siap untuk dipasang. Saya sarankan untuk menggunakan widget yang benar-benar dibutuhkan.

Widget yang Perlu dipasang Pada Blog

Banyak kesalahan blogger pemula yang saya temukan, mereka memasang berbagai macam widget pada blognya, sehingga hal ini membuat blog mereka terlihat ramai sekali. Banyak dari mereka beranggapan bahwa memasang widget yang banyak akan semakin terlihat keren, padahal di mata google itu akan terlihat tidak bagus.

Semakin sedikit yang dipasang maka akan semakin bagus. Karena memasang terlalu banyak widget akan membuat loading blog kamu semakin lama alias lemot, tentu hal ini akan memperburuk kualitas blog kamu.

Berikut ini beberapa Rekomendasi Widget yang sebaiknya dipasang diblog:

  1. Widget Entri Populer
  2. Widget Label
  3. Widget Arsip
  4. Widget Profil

Selain widget-widget diatas, ada satu lagi widget yang cukup sering digunakan oleh blogger, yaitu widget HTML/JavaScript.

Fungsi widget ini untuk menambahkan widget menggunakan kode HTML dan juga JavaScript. Umumnya digunakan untuk memasang widget pihak ketiga dengan kata lain widget bukan dari blogger.com, dan juga biasanya untuk memasang custom banner iklan.


Cara Memasang Widget di Blogger

  1. Pertama login ke Blogger.com
  2. Setelah login, masuk ke menu Tata Letak.
  3. Klik Tambahkan Gadget diposisi yang diinginkan.
  4. Pilih Gadget.
  5. Selesai.

Kesimpulan

Gunakanlah widget yang memang dibutuhkan. Jangan memasang banyak widget yang tidak perlu, karena akan memperlambat kecepatan blog kamu. Efek buruknya adalah pengunjung tidak akan mau lagi mengunjungi blog kamu.

Baca juga: Panduan Mengganti Template di Blogger

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID