Memaksimalkan Hashtags untuk Bisnis di Instagram

Memaksimalkan Hashtag untuk Bisnis di Instagram

Bosan rasanya menulis konten tentang Tips Blogger terus menerus akhir-akhir ini, untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sesuatu yang berkaitan dengan Media Sosial atau Social Media.

Saya yakin kalian semua pasti tahu aplikasi instagram, Pada awalnya Instagram adalah media sosial khusus untuk membagikan foto-foto dan video. Namun seiring dengan perkembangannya teknologi yang semakin pesat salah satunya yaitu Instagram ini justru menjadi tempat untuk mendapatkan konsumen yang potensial dalam bisnis apapun.

Salah satu fitur yang cukup menarik di instagram adalah Hashtag. Masih ada yang belum tahu tentang Hashtag? Baiklah, untuk memahami lebih dalam, saya akan menjelaskan lebih dalam tentang fitur instagram yang unik ini.

Apa itu Hashtags?

Penjelasan dari situs Hubspot menyebut hashtag sebagai frasa kata kunci yang dieja tanpa spasi, dengan tanda pagar (#) di depannya. Misalnya, #AbboxID dan #TipsBlogger, itu adalah contoh penggunaan hashtag.

Hashtag ini mengikat percakapan publik dari semua pengguna yang berbeda ke dalam satu aliran. Kamu dapat menemukannya dengan mencari kata kunci, mengklik hashtag, atau menggunakan tools. Agar postingan dengan hashtag tersebut muncul di penelusuran siapa saja, dan yang pasti postingan dengan hashtag tersebut harus bersifat publik.

Manfaat Hashtag

Penggunaan hashtag saat ini memiliki peran yang sangat penting termasuk dalam Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing). Berikut beberapa manfaat hashtag yang saya kutip dari situs Hootsuite yang harus Kamu ketahui.

1. Meningkatkan Engagement dengan Followers

Mencantumkan hashtag di postingan berarti ikut serta dalam percakapan yang terjadi di platform media sosial tersebut. Itu akan membuat postingan tersebut terlihat dalam percakapan itu.

Ini dapat mengarah pada keterlibatan yang lebih besar, termasuk meningkatkan keterlibatan media sosial brand Kamu melalui like, share, komentar, dan followers baru.

2. Kesempatan untuk Membangun Brand

Membuat hashtag khusus untuk brand dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis dan mendorong percakapan pengguna.

3. Cara Menunjukkan Dukungan untuk Masalah Sosial

Menggunakan hashtag yang terkait dengan masalah di luar brand adalah cara yang tepat untuk ikut terlibat dalam masalah sosial yang sedang menjadi perbincangan followers-mu.

4. Menambahkan Konteks pada Postingan Media Sosial

Di Twitter, Kamu tidak memiliki banyak ruang untuk menulis teks. Kamu hanya memiliki 280 karakter untuk menulis satu postingan tweet.

Beda halnya di Instagram, teks yang lebih panjang tidak selalu yang paling efektif. Sama dengan Facebook, Pinterest, LinkedIn atau platform lainnya, terkadang lebih sedikit justru lebih baik.

Menggunakan hashtag adalah cara untuk mengontekstualisasikan apa yang Kamu bicarakan, tanpa perlu menghabiskan karakter. Kamu juga dapat mengelompokkan beberapa postingan dengan konteks yang sama dalam satu hashtag saja.

5. Membantu Target Audiens Menemukan Brand

Di Instagram dan LinkedIn, pengguna dapat mengikuti hashtag yang dibuat oleh pengguna lain. Menggunakan beberapa hashtag populer dapat menjadi cara untuk membantu pengguna baru menemukan brand Kamu dengan mudah.

Misalnya, jika Kamu menggunakan hashtag #travel di post Instagram, seseorang yang mengikuti hashtag tersebut akan melihat postingan terbarumu di feed mereka.

Kamu mungkin akan mendapatkan beberapa followers baru dengan memanfaatkan penggunaan Hastags pada media sosial.

Memahami Hal Mendasar Tentang Hashtag

Perlu Kamu ketahui, penulisan Hashtag yang benar adalah #bisnisinstagram bukan #bisnis instagram. Penulisan Hashstag tidak ditulis menggunakan spasi, tapi di sambung. Jumlah hashtag maksimal dalam 1 postingan adalah 30, sesuai dengan batasan di instagram. Hashtag Harus nyambung dengan isi konten Kamu.

Sebagai contoh kontennya itu tentang Sepatu. Kamu bisa menggunakan hashtag:

#sepatubranded
#sepatumurah
#sepatubagus
Jangan pakai yang tidak nyambung seperti:
  • #mainananak
  • #jualnasigoreng
  • #jualikancupang

Menggunakan Hashtag Instagram Generator

Untuk mempermudah mencari Hashtag yang sedang viral atau naik daun, Kamu bisa menggunakan beberapa website untuk membuat hashtag secara otomatis. Tinggal ketik kata kunci, tunggu, dan salin hasilnya dan paste di captions postingan Kamu. Cocok sekali bagi Kamu yang ingin membuat banyak postingan sekaligus.

Untuk mengetahui hashtag yang sedang populer, Kamu dapat mendapatkannya dari situs-situs pihak ketiga barikut ini:

  • https://www.tagsfinder.com/id-id/stats
  • https://top-hashtags.com/hashtag/indonesia/
  • http://best-hashtags.com/hashtag/indonesia/

Kesimpulan

Untuk memaksimalkan Bisnis Kamu di Media Sosial seperti instagram ternyata tidaklah sulit. Terlebih jika Kamu bisa menggunakan fitur Hashtags dengan baik dan benar. Menggunakan Hashtag yang tepat akan memperluas potensi Bisnis Kamu diketahui orang banyak.

Baca juga: Cara Mudah Menyalin Teks Komentar Instagram

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID