Cara Mengaktifkan Fitur HDR di Windows 11

Cara Mengaktifkan Fitur HDR di Windows 11

Banyak fitur-fitur bagus yang dihadirkan pada sistem operasi Windows 11. Namun sayangnya tidak semua orang bisa merasakan pengalaman menggunakan windows yang masih terbilang baru ini.

Karena sebelum upgrade ke Windows 11, perangkat Kamu harus memenuhi beberapa persyaratan minimum untuk bisa menginstall Windows 11. Silahkan mengecek PC/laptop Kamu apakah memenuhi persyaratan sistem atau tidak.

Bagi Kamu yang menggunakan Windows 11 mungkin belum kenal dengan fitur HDR. Berikut penjelasan singkatnya.

Apa itu HDR (High Dynamic Range)?

HDR di Windows 11 menawarkan kecerahan dan kemampuan warna yang lebih baik dibandingkan konten tradisional (terkadang disebut konten rentang dinamis standar [SDR]). Konten tradisional biasanya menampilkan detail di bagian terang dari sebuah adegan atau bagian yang lebih gelap dari sebuah adegan, tetapi tidak di kedua bagian pada saat yang bersamaan. Misalnya, jika bidikan berfokus pada jendela terang dalam pemandangan, detail dalam bayangan akan hilang.

Mudahnya, fitur HDR adalah fitur untuk memaksimalkan cahaya, warna pada laptop Kamu ketika menjalankan game atau sedang menonton film.

Cara Mengaktifkan Fitur HDR di PC/Laptop Windows 11 [2022]

  1. Pilih Tombol Start Windows, lalu Pilih Settings - System - Display.
  2. Pilih menu HDR - Pilih opsi On pada Play streaming HDR video.
  3. Selesai.
Cara Mengaktifkan Fitur HDR di Windows 11

Terdapat kasus bahwa fitur Use HDR di laptop saya menampilkan status Not supported, Namun Opsi untuk mengaktifkan fitur Play streaming HDR video Supported.

Use HDR (ketika di aktifkan, akan meningkatkan dan mengoptimalkan gambar dari game yang Kamu jalankan). Sementara Play streaming HDR video (akan meningkatkan gambar secara otomatis ketika Kamu melakukan streaming video/film).

Jika di laptop/PC Kamu supported keduanya, silahkan di Aktifkan saja untuk mendapatkan pengalaman menggunakan fitur HDR Windows 11. Semoga Bermanfaat.

Baca juga: Trik Mengoptimalkan Kinerja Komputer yang Lemot

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID