Cara Daftarkan Blog di Google Search Console untuk Pemula

Cara Daftarkan Blog di Google Search Console untuk Pemula

Setelah artikel sebelumnya yang membahas mengenai kesalahan blogger pemula, disana saya singgung sedikit terkait dengan Google Webmaster Tools ini, lalu seberapa pentingkah bagi kita untuk mendaftarkan blog ke Google Search Console (GSC).

Sebelum melangkah lebih jauh lagi mari kita mengenal sedikit tentang Google Search Console/Google Webmaster Tools itu apa? Webmaster Tools atau sekarang yang lebih dikenal sebagai Google Search Console merupakan tools gratis dari google yang wajib digunakan oleh setiap pelaku website termasuk blogger.


Apa Itu Google Search Console?

Google Search Console merupakan layanan atau tools yang disediakan gratis oleh google untuk mendaftarkan serta memverifikasi blog kita, agar nantinya kita bisa meninjau serta menjaga kesehatan situs atau blog. Tentu saja dengan Google Search Console, kita dapat meminta pengindeksan artikel secara manual yang memungkinkan agar artikel blog kita dapat lebih cepat terindeks oleh mesin pencari Google.


Cara Daftarkan Blog di Google Search Console

Sebenarnya caranya sangat mudah kok, untuk kalian para pengguna hosting blogger/blogspot, biasanya tidak diperlukan lagi untuk mendaftarkannya asal masih menggunakan akun gmail yang sama.


1. Buka Google Search Console

Silahkan buka link berikut ini Google Search Console , kemudian Anda akan disuguhkan kedalam tampilan google search console, pastikan sebelumnya Anda sudah login dengan akun google, jika belum bisa login terlebih dahulu baru klik link di atas.


2. Input URL Blog

Kemudian silahkan masukkan url blog Anda, dan klik Add Property. Kemudian akan dilanjutkan ke halaman dasbor dari google search console tadi.


3. Verifikasi Blog

Setelah melakukan tahapan sebelumnya, Langkah berikutnya adalah mem-verifikasi blog kita dengan menambahkan sedikit kode, hal ini berlaku untuk pengguna blog dengan self-hosted seperti wordpress. (untuk blogger tidak berlaku).

Silahkan verifikasikan dengan opsi yang Anda pilih, disini ada beberapa opsi yang bisa dipilih diantaranya HTML Tag, Domain Name Provide, Google Analytics, Google Tag Manager. 

Untuk opsi ini Anda bisa memilih HTML Tag kenapa?, karena opsi ini diguanakan untuk mengambil meta tag kode yang akan kita pasang di situs blog kita.

<meta name=”google-site-verification” content=”kodeverifikasi”>

Kode itulah yang nantinya akan kita masukan ke kolom verifikasi google di wordpress kita, jangan lupa untuk pasang juga plugin google search console di wordpress Anda.


Fungsi Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Banyak keuntungan yang kita peroleh setelah sukses mengikuti cara daftarkan blog di google webmaster tools, berikut beberapa fungsi maupun fitur yang bisa kita gunakan setelah sukses mendaftarkan blog ke Google Search Console.

  1. Fungsi Google Indeks
  2. Fungsi Penelusuran
  3. Fungsi Perayapan

3 komentar

  1. Bisa dibilang, GSC ini adalah alat untuk deep dive blog kita. Kita jadi tahu mana halaman atau link error, siapa yang menaruh backlink, referrer website, dan lainnya. Tentu saja peng-indeks-an menjadi lebih cepat. Dengan catatan, struktur blog kita bagus dan readable. GSC juga menjadi gerbang untuk selanjutnya kita meneruskan insight soal statistik blog lewat Google Analytics, atau platform analitik lainnya..

    Tetap semangit mas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bagus banget nih penjelasan dari masnya :)

      Hapus
  2. aGSC ini emang wajib kalo buat blogger, biar tahu seharusnya ngapain aja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID