5 Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Terjadi

5 Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Terjadi

Tidak bisa di pungkiri bahwa kesalahan pada diri manusia pasti pernah terjadi. Sama halnya dengan seorang blogger pasti juga pernah melakukan kesalahan. Terutama kesalahan blogger pemula yang sering terjadi. Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi terkait kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger pemula diluar sana.

Menjadi seorang blogger untuk hari ini memang masih menjadi idaman, bagaimana tidak, sambil kita menyalurkan bakat menulis, kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan. Itulah mengapa sekarang ini banyak sekali blogger baru bermunculan. Hal inilah yang saya rangkum dari pengalaman pribadi di grup facebook ataupun forum blogger yang menurut saya salah dilakukan oleh blogger pemula.

Berikut ini 5 Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Terjadi:

1. Terlalu Banyak Memasang Widget

Memasang banyak sekali widget atau gadget di blog, selain menambah waktu load, hal yang paling fatal adalah blog Kamu tidak disukai oleh mesin pencari. Bahkan seringkali pengunjung juga merasa risih saat membuka blog Kamu.

Kamu bisa melihat website atau blog profesional diluar sana, apakah merekah banyak memasang widget?

2. Memakai Template Bawaan Blogger

Hal selanjutnya yang biasa menjadi kesalahan blogger pemula yaitu, menggunakan template bawaan dari blogger itu sendiri, hal ini menurut saya kurang bagus jika dilihat dari segi struktural templatenya yang kurang, tampilan bawaan blogger terkesan jadul dan tidak SEO Friendly. Sehingga yang terjadi adalah mesin pencari akan susah untuk merayapi blog Kamu. Selain itu kenyamanan pembaca juga kurang baik dan kelihatan kurang fokus pada bagian background serta hurufnya yang kebanyakan terlalu kecil.

3. Tidak Submit Blog ke Google Search Console

Terkadang blogger pemula sudah mengeluarkan keringat dan waktunya untuk menulis konten dan mendesain blog, akan tetapi mereka tidak mendaftarkan blognya pada google search console. Padahal mendaftarkan blog ke GSC sangat penting untuk memperkenalkan situs blog ke mesin pencari bahwa blog itu ada dan sangat relevan untuk pembaca.

4. Artikel Hasil Copy Paste

Plagiarism memang harus kita jauhi karena ini sangat tidak baik untuk situs itu sendiri, kenapa? Karena selain melanggar hak cipta penulis artikel yang pasti google juga sangat membenci artikel plagiat. Bahkan google bisa saja mem-banned atau memasukkan situs Kamu ke google sandbox karena plagiasi ini dan akhirnya akan berdampak buruk ke situs tersebut.

5. Terlalu Fokus Ingin Mendapatkan Uang dari Blog

Blog saat ini sudah bisa menjadi ladang penghasilan utama dan semuanya pasti mau dong dapat penghasilan dari aktivitas ngeblog. Hal inilah yang membuat banyak orang terjun ke dunia blogging. Namun membangun blog dari awal itu butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Mereka yang fokusnya hanya pada hasil, seringkali menggunakan banyak jalan pintas.

Ada yang salah jalan misalnya dengan melakukan copy paste artikel milik orang lain tanpa menyertakan sumber link, padahal ini kesalahan fatal blogger yang harus Kamu hindari. Hasil itu akan datang sendiri setelah apa yang kita buat memang layak untuk mendapatkan apresiasi. Teruntuk blogger pemula, fokuslah menulis dan tingkatkan skill menulisnya dan lakukan optimasi blog terus-menerus, mulai dari artikel, template, intinya yang termasuk ke dalam Search Engine Optimization.

Jika pengunjung dan artikel unik sudah banyak maka memungkinkan hasil seperti uang akan datang dengan sendirinya.

Baca juga: Alasan Memilih Domain .MY.ID untuk Blog

2 komentar

  1. Jadi ingat dulu pertama kali ngeblog masang widget Jam, Kalender sama Aquarium Ikan. Kalau di ingat-ingat masa itu, jadi senyum-senyum sendiri. Begitu polos nya waktu itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya mas saja, dulu sayapun begitu, blog dipenuhi widget yang tidak berguna haha, legend banget memang dulu.

      Hapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

Abbox.ID