7 Tips Merawat Komputer/Laptop yang Baik

7 Tips Merawat Komputer/Laptop yang Baik dan Benar

Saya sudah cukup sering melihat orang yang kurang menjaga kebersihan komputernya bahkan tidak merawatnya dengan baik, hal ini sangat di sayangkan, sebab tidak hanya badan manusia saja yang perlu di rawat, perangkat seperti pc juga butuh perawatan supaya bebas dari eror yang tidak kita inginkan.

Memiliki sebuah komputer merupakan sesuatu hal yang membuat kita supaya lebih giat lagi. Mengapa wajib lebih giat lagi? Karena dengan adanya komputer, kita dituntut buat merawat serta menjaganya agar tidak cepat rusak. Komputer yang kita miliki merupakan tanggung jawab kita untuk menjaganya.

Banyak pula orang- orang yang membeli pc baru, kemudian dalam jangka waktu dekat pc tersebut sudah rusak dan harus diservis, bahkan dirongsok. Salah satu penyebabnya karena mereka tidak pernah merawatnya dan menyepelekan komputernya dengan melakukan hal- hal yang dapat merusak pc dengan cepat.

1. Backup File-file Penting

Melindungi file- file penting dengan backup teratur merupakan salah satu hal paling penting yang bisa Kamu jalani selaku owner pc.

Jika dulu hardware merupakan komponen yang berharga dari suatu pc, saat ini data merupakan investasi yang sangat berharga di masa depan. Bayangkan Kamu menghancurkan file penting project yang bernilai puluhan juta, yang telah dikerjakan selama berjam- jam apalagi berbulan- bulan. Apakah itu bisa setara dengan membeli hardware baru?

Kamu bisa jadi telah menghabiskan banyak waktu serta duit saat bekerja dengan menggunakan komputer Kamu. Jika Kamu tidak mempunyai keinginan sama sekali untuk mencadangkan informasi Kamu, bencana besar akan menimpa kehidupan Kamu sehingga membuat Kamu menyesal di kemudian hari.

2. Membersihkan Bagian dalam CPU dari Debu serta Kotoran

Tips selanjutnya usahakan Kamu membersihkan bagian dalam serta luar CPU komputer Kamu. Bagian dalam CPU umumnya tidak nampak bila ada kotoran. Berbeda dengan bagian luar CPU apabila terdapat kotoran Kamu dapat dengan gampang membersihkannya. Namun bila bagian dalam Kamu wajib membongkarnya terlebih dulu, kemudian membersihkannya.

Apabila Kamu tidak sempat membersihkan bagian dalam CPU, mungkin komputer Kamu bakal rusak sebab terdapat kotoran ataupun debu yang mengacaukan kinerja hardware dalam CPU tersebut. Oleh sebab itu, bersihkanlah CPU bagian dalam untuk menghindari hal tersebut. Kamu dapat membersihkannya minimal satu bulan sekali secara teratur supaya komputer tetap awet serta terpelihara.

3. Cek Antivirus Pada Komputer

Panduan menjaga komputer berikutnya adalah memasang anti virus di komputer. Ini juga jadi salah satu keharusan. Entah itu memasang anti virus pihak ketiga, ataupun anti virus bawaan OS yang telah terpasang di sistem.

Serupa Windows misalkan. Windows secara default telah meningkatkan Windows Security pada sistem operasi mereka. Menurut kami, aplikasi bawaan Windows tersebut sudah lumayan mumpuni dalam menghalau seluruh bentuk serangan baik itu virus, worm, ataupun malware.

Tetapi, jangan lupa untuk selalu menjalankan perintah“ check for updates” agar selalu mendapatkan pembaharuan mengenai tipe virus terkini yang mungkin timbul. Serta pastikan fitur Real Time Scanning selalu dalam posisi on sehingga ancaman virus bisa dicegah sebelum melakukan kerusakan.

4. Pakai Aplikasi yang Legal/Original

Pakai aplikasi yang sah pada aplikasi komputer Kamu. Aplikasi yang ilegal umumnya akan membawa virus yang beresiko, yang mana dapat menimbulkan kerusakan pada komputer Kamu. Sebab saat ini sudah banyak aplikasi- aplikasi bajakan ilegal yang tersebar secara online.

Dengan memakai aplikasi yang legal, secara tidak sadar Kamu juga telah menghargai karya orang yang menciptakan aplikasi tersebut. Tetapi, jika Kamu memakai yang bajakan, sama saja Kamu sudah merampas karya pembuat aplikasi tersebut.

5. Jaga Komputer Agar Tetap Bersih

Mensterilkan bagian dalam komputer memanglah terdengar merepotkan. Tetapi lebih repot lagi bila CPU seketika hangus akibat kipas yang tertutupi debu. Ataupun motherboard korslet sebab sarang laba- laba merajalela.

Kita semua tahu jika kebersihan merupakan sebagian dari iman, dan kebanyakan hal berjalan lebih baik dikala dalam kondisi bersih. Mesin motor saja bila sangat panas dapat menimbulkan turun mesin, sama halnya dengan komputer.

Jaga komputer agar tetap sejuk dengan cara selalu membersihkan bagian- bagiannya agar terbebas dari debu yang menutupi mereka. Paling tidak, kipas yang ada di komputer Kamu tidak bekerja begitu keras akibat komponen yang sangat panas.

Melindungi kebersihan komputer baik secara wujud ataupun digital merupakan 2 hal yang sama berartinya. Merapikan file dan folder yang tidak terpakai dan membersihkan debu serta kotoran yang menumpuk di bagian dalam serta luar komputer Kamu, semuanya berperan dalam melindungi agar pc tetap bisa beroperasi secara optimal.

6. Hapus File-file Sampah yang Terdapat Pada Komputer

Umumnya komputer akan meninggalkan file- file sampah apabila penggunaannya telah cukup lama. Untuk merawatnya supaya tetap awet serta terawat, Kamu wajib menghapus file- file sampah tersebut. Ataupun Kamu juga dapat membuat jadwal khusus untuk menghapus file- file tersebut. Sehingga komputer Kamu dapat berfungsi dalam jangka waktu yang lama.

7. Install Antivirus yang Tepercaya Pada Komputer

Terakhir, untuk melindungi komputer Kamu dari gangguan virus serta malware, Kamu wajib menginstall antivirus yang tepercaya. Virus serta malware yang dibiarkan dapat mengganggu aplikasi yang ada pada komputer Kamu. Oleh sebab itu, Kamu wajib menginstallnya. Jika bisa, pakai antivirus yang berbayar ataupun beli, jangan pakai yang free. Sudah pasti kualitasnya akan berbeda.

Demikianlah panduan mudah untuk merawat komputer yang benar. Mudah- mudahan postingan ini bisa menolong Kamu dalam menyayangi komputer kamu seperti kamu menyayangi diri sendiri.

Baca juga: Trik Mengoptimalkan Kinerja Komputer yang Lemot

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID