Cara Memindahkan File dari HP Android ke Flashdisk

Cara Memindahkan File dari HP Android ke Flashdisk

Jika Kamu merasa memori penyimpanan di hp Android tidak cukup untuk menampung file pribadi, musik, aplikasi dan game serta dokumen penting lainnya yang membutuhkan ruang penyimpanan besar. Mungkin sebagian besar akan memilih membeli memory external dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi.

Tetapi disaat-saat penting ketika data dalam hp android perlu di gunakan pada perangkat lain, dan yang membuat ribet, perlu kabel usb untuk menyambungkan ke laptop/komputer mengaktifkan mode penyimpanan pada hp android dan ini membutuhkan waktu tersendiri. Namun tak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk menghubungkan langsung flashdisk ke perangkat android, yaitu menggunakan USB-OTG.

Apa itu USB OTG?

OTG adalah singkatan dari "On-The-Go" yang memudahkan kita menghubungkan flashdisk langsung ke perangkat android dengan menggunakan kabel USB OTG. Penampakannya bisa kamu cek sendiri di google.

USB On The Go memungkinkan perangkat Android membaca isi flashdisk, memindah dan memasukkan data yang dapat memudahkan kamu untuk menyalin hal penting pada perangkat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Hal yang Harus diPersiapkan

  • Jika Ingin menghubungkan flashdisk ke perangkat Android, yang pasti kamu harus menyiapkan kabel OTG, kamu bisa membelinya di konter-konter ponsel terdekat atau mungkin beli USB OTG secara online.
  • Pasang aplikasi manajemen file pada perangkat android.
  • Pastikan Flashdisk dengan format FAT32. Kamu bisa format dahulu flashdisk melalui laptop atau komputer.

Cara Menghubungkan Flashdisk ke HP Android dengan USB-OTG

  1. Carannya sangat sederhana, Pertama siapkan flashdisk.
  2. Hubungkan hp android dengan flashdisk, microUSB pada perangkat android dan ujungnya dengan flaskdisk.
  3. Ketika sudah terhubung, cek notifikasi pada perangkat android untuk konfirmasi atau kamu bisa masuk ke Setting > Storage untuk memastikan flashdisk sudah terbaca. Jika belum terbaca, tekan pilihan Mount USB Storage pada tab USB Storage.
  4. Setelah dipasang, penyimpanan tambahan dari flashdisk dapat diakses menggunakan aplikasi manajemen file yang di instal tadi, kamu dapat langsung memindahkan atau menyalin data pilihan kamu.

Kemungkinan Trouble Saat Mendeteksi Flashdisk

Sebagian besar perangkat android mampu untuk membaca flashdisk dengan kabel USB-OTG, tetapi jika tidak terbaca kamu bisa menggunakan aplikasi StickMount yang bisa kamu unduh di Google Playstore.

Dengan syarat ponsel atau perangkat android anda harus pada posisi root. StickMount akan mendeteksi perangkat USB / flashdisk yang terhubung dengan USB-OTG  dan me-mount flashdisk ke perangkat android. Dari sini, kamu dapat menelusuri isi flashdisk menggunakan ES File Explorer atau aplikasi manajemen file lainnya.

Namun saya rasa perangkat android di tahun 2022 ini semuanya sudah pasti support USB-OTG. Jadi kamu sudah tidak perlu lagi untuk root android.

Itulah tips mudah menghubungkan flashdisk ke perangkat android, sebenarnya masih banyak perangkat yang bisa di hubungkan menggunakan USB-OTG, seperti Kamera DSLR, Mouse, Keyboard yang semuanya dapat di kontrol langsung dari perangkat android. Semoga Bermanfaat.

Baca juga: Tips Mencegah Komputer Blue Screen Karena Overheat

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID