Cara Sukses Memulai Bisnis Laundry

Cara Sukses Memulai Bisnis Laundry

Jika kita berbicara mengenai bisnis Laundry yang sukses tentu sebelum berbicara cara bisnis laundry yang sukses, kita harus berbicara dulu dari sisi potensi bisnisnya, karena dengan mengetahui potensi bisnisnya akan membuat kita bisa memanfaatkan peluang bisnis laundry ini dengan sangat baik.

Potensi Bisnis Laundry

Potensi Bisnis laundry sangat menjanjikan karena dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia dan juga masyarakat kita mencari yang serba praktis, instan, dan juga ingin hasil maksimal tentu ini adalah sebuah trend potensi bisnis yang baik. Potensi bisnis laundry pun sangat terasa terlebih menjanjikan di Indonesia karena Indonesia memiliki musim hujan, yang terkadang saat musim hujan ketika calon konsumen mencuci pakaiannya sendiri secara manual maupun menggunakan mesin cuci, biasanya saat proses pengeringan baju memakan waktu yang cukup lama. Berbeda dengan bisnis laundry yang biasanya menggunakan teknologi canggih seperti mesin cuci khusus dan pengering guna mempercepat pengeringan.

Potensi bisnis laundry yang selanjutnya adalah kita bisa melihat perubahan pekerjaan wanita di Indonesia yang dulu biasanya sebagai ibu rumah tangga saja, sekarang selain menjadi ibu rumah tangga, wanita Indonesia pun menjadi wanita karir, apalagi menurut data CNN Indonesia pertumbuhan wanita karir di Indonesia meningkat 16% dari tahun 2015 sehingga dengan adanya bisnis laundry tentu membantu para wanita karir ini untuk bisa menyelesaikan pekerjaan rumah mereka tanpa mengesampingkan karir di kantor.

Potensi bisnis laundry selanjutnya adalah bisnis laundry merupakan bisnis yang sudah familiar di masyarakat berbeda seperti bisnis yang mungkin belum di kenal masyarakat luas, sehingga dengan familiarnya bisnis laundry membuat penetrasi jasa laundry bisa diterima masyarakat secara luas.

Bisnis Laundry Semakin Bertumbuh

Bisnis Laundry setiap tahunnya semakin tumbuh, mengutip dari situs beritasatu.com bahwa bisnis laundry semakin meningkat, sayangnya bisnis laundry ini tidak diimbangi dengan angka pertumbuhan tenaga kerja yang semakin teredukasi. Pertumbuhan bisnis laundry tentu bukan karena konsumennya adalah dari sektor rumah tangga saja, tetapi juga berasal dari kantor, pertokoan, dan sektor industri lainnya. Karena perkantoran membutuhkan laundry mengingat untuk melakukan laundry memerlukan tempat (space) ruangan tambahan, tenaga kerja, perlengkapan laundry lainnya yang mungkin kalau dilakukan semua dari kantor justru biaya yang dikeluarkan kantor jauh lebih mahal dibanding dengan memanfaatkan jasa laundry.

Bisnis laundry yang semakin bertumbuh juga karena harga dan kualitas yang ditawarkan bervariasi, mulai dari harga yang murah tetapi prosesnya memakan waktu lama hingga laundry express harga yang cukup lumayan mahal tetapi prosesnya sangat cepat, sehingga bisa membidik target market yang juga beragam.

Bisnis Laundry Bisa Dimulai Oleh Siapa Saja

Bisinis Laundry bisa dimulai oleh siapa saja, dimulai dari mahasiswa, hingga lulusan perguruan tinggi maupun pegawai swasta. Hal ini terbukti dari kisah sukses berikut yang Akan saya sampaikan.

1. Agung Nugroho Susanto

Memulai Usahanya Saat Kuliah Tingkat Akhir Agung Nugroho Susanto adalah pebisnis laundry kiloan alumnus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Pengalaman bisnis beliau sudah cukup banyak, akan tetapi diakhir masa studinya Agung Nugroho Susanto memberanikan diri membuka bisnis laundry dengan sistem laundry kiloan.

Agar memiliki nilai tambah dibanding pesaingnya, Agung memberikan jaminan, cuci baju selesai dalam waktu 4 jam. Pewanginya boleh memilih sendiri dari tujuh pewangi yang ada, dan yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa air yang digunakan Agung adalah air yang telah melalui teknologi ultra violet yang berfungsi sebagai sterilisasi agar pakaian yang dicuci bebas bakteri dan sangat aman bagi pemilik kulit sensitif, terutama kulit bayi.

Selain itu agar pakaian pelanggan awet Agung selalu memisahkan pakaian yang hendak di laundry misalkan berjenis kain tidak mungkin disatukan dengan yang berbahan jeans, begitu pula baju putih dipisahkan dengan yang berbahan mudah luntur, Tantangan awal Agung Nugroho mendirikan bisnis Laundry Kiloan bernama Simply Fresh ini adalah banyaknya pelanggan di toko satu dan dua membuat Agung harus lembur bahkan pernah 24 jam penuh Agung hanya mencuci pakaian agar memenuhi harapan pelanggan, dalam waktu satu tahun Simply Fresh Laundry masih menjalankan trial and error, dan semua pengalaman itu membangun SOP yang tepat. Dengan SOP yang tepat Agung Nugroho mulai menduplikasi sistemnya untuk ditawarkan sistem kemitraan dengan Agung Nugroho.

Hanya dalam tempo setahun, Agung Nugroho bisa mendirikan 30 jaringan waralaba Simpy Fresh Laundry, dan untuk saat ini sudah tersebar lebih dari 101 kota di Indonesia dan memiliki sedikitnya 280 Outlet yang siap melayani masayarakat.

2. Boby Adam

Mantan Pegawai yang sukses berbisnis Laundry Sepatu (Dikutip dari situs Liputan 6.com) Boby Adam pria berusia 29 Tahun menggeluti bisnis laundry sepatu sudah tiga tahun. Laundry sepatu bermerek SS 45 ini di operasionalkan semula di garasi rumah, dan kini hadir di kawasan pertokoan di jalan Haji Wasid No 29, Boby yang dulunya bekerja di perusahaan media dan merantau di Ibu Kota, justru membuat ia termotivasi untuk membuka bisnis sendiri karena ia merasa jenuh menjadi pegawai.

Dengan modal Rp50.000.000,00 Boby membuka usahanya, Boby berhasil mendapat keuntungan kurang lebih Rp12.000.000,00 per bulan bahkan saat lebaran mendapat penghasilan Rp15.000.000,00 per bulannya, Kini bisnis Boby berkembang pesat dan dia menambah dua toko baru yang tentunya bisnis Boby sangat membantu masyarakat dalam membersihkan sepatu.

Kiat Sukses Bisnis Laundry

Kiat sukses bisnis laundry ini adalah saripati dari pebisnis-pebisnis laundry sukses yang mereka lakukan yang mungkin bisa Kamu tiru.

Tentukan Model Bisnis Laundry Kamu

Model Bisnis Laundry yang tepat haruslah Kamu tentukan, karena model bisnis Laundry memiliki variasi yang beragam, seperti yang sudah saya utarakan Agung Nugroho sukses dengan Model bisnis laundry kiloan, dan Boby khusus sepatu, Kamu bisa meniru model yang sama atau Kamu bisa memilih diantara ide-ide berikut ini.

1. Laundry Salon

Model bisnis Laundry Salon adalah laundry yang memanjakan konsumen Kamu dengan jasa tambahan salon. Jadi sambil menunggu Laundry kilat mereka selesai, mereka sambil menikmati jasa salon seperti Creambath, gunting rambut, pijat aroma terapi. Sehingga Kamu bisa maksimalkan pendapatan dengan melakukan cross selling berupa jasa Laundry sekaligus jasa Salon.

2. Laundry Express

Laundry Express adalah laundry yang memungkinkan Konsumen Kamu mengambil Laundry mereka dalam waktu yang sangat cepat mungkin dalam hitungan jam. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mereka yang benar-benar sibuk berkarya. Selain itu Laundry Express biasanya menawarkan jasa untuk pesan antar, sehingga Kamu dan tim bisa menjemput pakaian kotor milik konsumen dan mengantarkannya lagi setelah bersih.

3. Laundry Perusahaan

Laundry Perusahaan menawarkan Kamu berupa mencuci pakaian maupun karpet, gorden, dan lain-lain milik perusahaan. Biasanya bentuk kerja sama Laundry Perusahaan ini berbentuk kontrak jangka waktu tertentu. Jadi dalam waktu tertentu Kamu bisa mendapatkan income yang sangat besar mengingat jumlah pegawai kantoran biasanya sangat banyak. Tentu untuk Laundry Perusahaan ini Kamu membutuhkan Alat, Sumber Daya Manusia yang baik. Laundry Karpet dan Bed Cover biasanya dikususkan untuk membersihkan karpet-karpet dan bed cover dan merawatnya dengan sangat baik. Karena biasanya konsumen laundry karpet dan bed cover adalah perusahaan besar, mesjid, rumah tangga, bahkan sampai hotel.

4. Laundry Dry Cleanning Jas dan Kebaya

Laundry Dry Cleanning Jas dan Kebaya adalah laundry yang khusus membantu merawat jas dan kebaya. Mengingat ada jas dan kebaya tertentu yang membutuhkan perawatan khsusus dan tentunya berbeda dari bahan lainnya.

Tentukan Lokasi yang tepat

Lokasi Laundry tentu adalah salah satu hal yang sangat penting karena dengan pemilihan lokasi yang tepat membantu konsumen untuk mendapatkan jasa laundry Kamu.

Akan tetapi biasanya untuk mendapatkan lokasi yang strategis memerlukan biaya yang tidak sedikit karenanya Kamu bisa menyiasatinya dengan jasa pesan Antar, sehingga calon konsumen dimudahkan mendapatkan jasa Kamu.

Kamu juga bisa memilih lokasi di lingkungan perumahan maupun industri karena biasanya lingkungan perumahan dan industri penyumbang terbesar pertumbuhan bisnis laundry.

Bangun Reputasi dengan Tepati Janji

Untuk membangun bisnis tentu Kamu harus bangun reputasi yang baik karena dengan reputasi yang baik Kamu akan mendapakan kepercayaan lebih dari masyarakat, sehingga Kamu bisa membangun loyalitas pelanggan lebih dari kompetitor.

Baca juga: 9 Peluang Usaha Online dengan Modal Kecil yang Prospek

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

Abbox.ID