Hal Penting Tentang Strategi Content Marketing

Hal Penting Tentang Strategi Content Marketing

Perubahan algoritma Google yang cepat selama 12 bulan terakhir telah banyak menumbangkan banyak situs dan blog yang miskin konten.

September 2012 adalah masa peluncuran algoritma Google terbaru, Panda dan update Penguin, bersama-sama menurunkan ranking situs dengan nama domain “exact match”, misalnya Kamu menjual baju batik dan lebih mengandalkan nama domain “bajubatik” ketimbang memberikan konten tentang batik. Google bekerja keras untuk melakukan penalti terhadap situs yang miskin konten dan menaikkan situs dengan konten yang baik, bermanfaat, relevan dan unik.

Kamu perlu mengambil tindakan jika:

  1. Website Kamu memiliki kurang dari 100 halaman.
  2. Website Kamu memiliki jumlah halaman yang banyak diisi dengan yaitu ‘content tipis’ atau content berkualitas buruk.
  3. Kamu ingin meningkatkan tingkat keterlibatan yang Kamu miliki dengan audiens Kamu.

Hal Pertama: Apa Goal Kamu?

Sebelum Kamu mengambil tindakan, Kamu harus mengetahui apa yang Kamu inginkan. Mulailah berpikir dan berdiskusi dengan rekan-rekan Kamu tentang sesuatu yang benar-benar ingin Kamu capai dengan teknik marketing Kamu. Ketahuilah tujuan Kamu dengan lebih spesifik, bukan hanya tujuan bisnis yang klise seperti ‘meningkatkan penjualan’ atau ‘peningkatan pangsa pasar’.

Sebagai contoh, misalnya Kamu ingin meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs Kamu melalui media sosial sebanyak 200% selama 12 bulan ke depan. Atau mungkin ingin mengurangi budget PPC Kamu namun tetap menaikkan total sales Kamu dari online di tahun yang akan datang.

Action

Pertama, buang konten yang kurang berkualitas, entah itu tentang deskripsi produk Kamu atau memberikan informasi latar belakang.

Jika situs Kamu tidak memiliki blog, buatlah sekarang dan update content setiap harinya. Jika Kamu ingin mendapatkan Ranking Google pada keyword yang Kamu tuju, Kamu akan melihat peningkatan dalam 1-2 bulan kedepan. Kamu juga bisa memulai dengan keyword lapis dua.

Ingat bahwa pesaing Kamu juga akan menambahkan content dan meningkatkan rangking web mereka, sehingga tekanan pada ranking search engine akan Kamu rasakan.

Berikut adalah 3 Strategi yang perlu Kamu ikuti untuk selalu memiliki ranking yang baik :
  1. Tambahkan lebih banyak konten menarik, relevan dan informatif.
  2. Tambahkan berbagai jenis konten.
  3. Sebarkan/Promosikan konten Kamu.

1. Tambahkan Lebih Banyak Konten

Perusahaan yang menambahkan setidaknya 20 artikel per-bulan untuk web mereka akan mendapatkan traffic lima kali lebih banyak daripada company yang hanya menulis konten seminggu sekali.

Dengan memasukkan posting yang reguler dan berita tentang company, Kamu juga akan mempublikasikan authority dan industry knowledge Kamu sambil menginformasikan dan mengedukasi pembaca Kamu. Selain itu pada waktu yang sama Kamu memberikan mereka sebuah platform untuk terlibat dengan Kamu.

Masa untuk membuat konten yang khusus dibuat untuk search engine (hanya untuk dibaca oleh mesin search) telah usai sejak perubahan algoritma ini. Kamu tidak lagi dapat melakukan keyword abusing untuk mendapatkan ranking yang baik. Sekarang Search engine sudah lebih pintar.

Namun, dalam konteks ini tentu saja kita tetap harus fokus dalam menjaring keyword yang mendatangkan konversi. Keyword sangat dibutuhkan dalam menjaring pembeli.

Dalam proses penulisan artikel yang benar-benar relevan dan informatif, kata kunci lapis pertama dan kedua biasanya secara alami akan muncul dan membantu situs Kamu dalam pencarian dan membangun long tail keyword situs Kamu untuk jangka panjang.

Cobalah untuk menghindari konten yang company-centric. Banyak marketer menganggap bahwa audiens mereka akan suka pada content yang berpusat di sekitar perusahaan dan mereknya saja. Pendekatan ini sama sekali tidak menghasilkan hubungan yang tulus dengan pelanggan.

Tentu saja mudah bagi orang untuk membuat kontent tentang perusahaan mereka. Sebaliknya, itu relatif sulit bagi marketer untuk membuat konten original di luar perusahaan mereka yang disukai audiens mereka. Menurut survey, 41% dari marketer mendapatkan masalah untuk membuat konten yang disukai pembeli dan pengunjung.

Tujuan dalam bisnis Kamu tentu saja ingin meningkatkan sales dan profit. Kamu tentu juga ingin menerangkan kepada audiens tentang brand Kamu, membangun brand awareness kepada mereka dan  meningkatkan brand market.

Tidak ada yang salah jika Kamu fokus pada keinginan audiens selama itu berhubungan tentang organisasi Kamu. Dan tanpa merek dalam konten maka konten Kamu tentu akan diabaikan oleh audiens. Namun, jika Kamu membatasi konten yang seharusnya Kamu buat, yang berhubungan dengan bisnis dan brand Kamu,  Kamu akan kesulitan untuk membangun audiens.

Cobalah untuk membuat bisnis dan merek Kamu keluar dari jalur yang biasanya dan lihat bagaimana konten nantinya. Yang menarik adalah ketika Kamu benar-benar memiliki sesuatu yang menarik dan Kamu menulis content untuk audiens Kamu tentang merek dan perusahaan, tentunya mereka akan jauh lebih perhatian dan responsif.

2. Tambahkan Berbagai Jenis Konten

Menambah berbagai tipe konten adalah cara yang lain untuk melebarkan influence Kamu dan menaikkan rasio engagement audiens dan tentu saja menaikkan situs Kamu dari sisi SEO.

Keefektifan dari konten sangat tergantung pada bagaimana informasi yang ada dalam konten Kamu. Visualisasi di atas menggambarkan pilihan jenis konten, positioning yang bisa Kamu gunakan. Juga goal dari konten. Lihatlah bahwa tipe konten yang berbeda akan memiliki tujuan yang berbeda.

Pilihan dalam pembuatan konten harus melihat sumber daya yang tersedia. Menulis buku atau bahkan sebuah whitepaper, umumnya sangat efektif, tetapi itu adalah pilihan yang mahal. Di sisi lain memiliki media sosial dan blog adalah pilihan yang cepat dan murah tetapi memiliki efektivitas yang terbatas.

Banyak konten seperti komik dan kartun yang biasanya mendapatkan banyak share di social media. Cobalah untuk memulainya.  Atau Kamu dapat membuat Slideshare presentations untuk membuat presentasi yang lebih menarik.

Dari segi ekonomis, kualitas blog dan feed berita adalah cara yang sangat ampuh untuk menginformasikan dan terlibat dengan audiens, terutama bila digunakan bersama dengan newsletter dan media sosial. Selain itu search engine seperti google sangat menghargai situs yang banyak menambahkan konten. Bahkan banyak ahli search engine yang mengatakan bahwa konten itu seperti kue yang baru keluar dari oven - ‘best when fresh’.

Infographics juga bagus untuk membantu audience membaca banyak data dengan cara yang menyenangkan. Informasi yang berat dan bervariasi lebih mudah dicerna jika pembuat konten memiliki kreatifitas dalam meramu konten.

3. Sebarkan Konten Kamu

Setelah selesai membuat konten, tentunya Kamu menginginkan konten itu segera dibaca oleh pembaca bukan?

Berikut bagaimana cara melakukan promosi konten kamu dengan cepat :

Promosi Internal

Sebelum kita berbicara bagaimana konten Kamu disebarkan melalui situs lain, sebaiknya cek terlebih dahulu format tulisan Kamu, apakah sudah teroptimasi dari segi “Onpage” atau belum.

Menambahkan internal links dari keyword akan membantu Kamu dalam membuat tampilan situs yang bagus dari sisi arsitektur website. Jangan takut membuat link tautan ke situs lain. Dahulu hal ini tentu akan mengurangi ranking situs Kamu. Namun, untuk sekarang search engine sudah lebih pintar dalam menghitung pola ranking.

Pastikan Kamu selalu menempatkan tombol social sharing di setiap konten Kamu dan cek RSS feed, mungkin saja ada error disana. Jika ada error maka jumlah feed subscriber akan berkurang.

Promosi Eksternal

Banyak sekali para marketer yang menggunakan social media untuk melakukan promosi eksternal. Jika Kamu membuat konten yang baik tentu akan banyak orang yang melakukan share.

Kita bisa lihat di facebook. Hanya dengan gambar yang menarik dan sedikit kata dapat menarik ratusan komentar dan share.

Media Sosial adalah sebuah platform yang sangat kuat untuk mempromosikan konten Kamu.

Dalam pendekatan holistik, Kamu dapat mengkoordinasi media sosial Kamu, PPC, SEO, public relations dan aktivitas marketing online lainnya sehingga Kamu tidak perlu bekerja berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca juga: Jadikan Blog Bisnis Sebagai Penunjang Kegiatan Marketing

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

Abbox.ID