Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan manfaatkan kesempatan, waktu dan juga bahkan menyalurkan hobi mereka menjadi uang sehingga ibu rumah tangga bisa membantu menambah pendapatan perbulannya dan juga sekaligus menyalurkan hobi mereka.

Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga

Berikut ini adalah kisah sukses ibu rumah tangga yang sukses membangun bisnis kue, catering, roti. Bolu, roti yang saya kutip dari situs wartaekonomi.co.id. Noni Melandi adalah seorang ibu rumah tangga yang lahir pada 10 Juli 1980 ini telah berhasil menjalani bisnis kuliner berkiblatkan kue basah, kue kering, bolu, dan roti.

Dikatakannya, selain karena menyukai resep kue-kue dan cake, sekarang ini banyak masyarakat menyukai makanan homemade. Alasannya karena makanan buatan rumah tanpa bahan pengawet, lebih fresh, dan tidak perlu capek mendatangi toko-toko kue di mall maupun pusat bakery.

“Saya banyak belajar cara membuat kue maupun bolu pada teman dengan tekun dan yakin. Akhirnya, pada tahun 2014 lalu saya mulai bisnis kuliner ini dengan modal awal yang tak banyak yaitu sekitar Rp10 juta,” katanya di rumah produksi sekaligus rumah tinggal di kawasan Helvetia Medan, Minggu (14/5/2017).

Ia mengatakan sang suami sangat mendukung usaha rumahannya. Selain itu, ia masih bisa menjaga kesehatan dan memberi pendidikan pada anak-anaknya. Hingga saat ini, anak-anak Noni sudah terbiasa dengan bisnis rumahan sang bunda.

“Saat ini dalam seminggu saya dapat 10 hingga 20 pesanan, dari teman dan temannya teman. Bahkan, teman-teman di media sosial seperti Facebook yang belum pernah kenal sebelumnya dan alhamdulillah harga yang saya jual dari Rp40 ribu hingga Rp140 ribu,” ujarnya.

Walau sudah sukses di bisnis kuliner rumahan, Noni tidak tertarik untuk meminjam uang ke bank. “Enggak mau, takut punya utang. Riba. Mati nanti seram karena ruh seorang muslim bakalan tergantung-gantung sampai utangnya lunas. Biar saja dari Allah yang berikan rezekinya,” katanya.

Selain itu, Noni juga hanya mempunyai BPJS kesehatan dan itupun dia gunakan saat melahirkan saja. “Insya Allah saya dan keluarga sehat-sehat saja,” kata wanita yang pernah bekerja di dealer sepeda motor Suzuki dan juga pernah membuka salon.

Harapan dari wanita tamatan Jurusan Perpajakan USU ini adalah usaha rumahannya semakin lebih profesional, lebih berkembang dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Cara Mengatur Waktu untuk Ibu Rumah Tangga

Dengan kesibukan ibu rumah tangga melakukan pekerjaannya, ibu rumah tangga dituntut untuk bisa juga berbisnis dengan baik. Karenanya Ibu rumah tangga haruslah bisa memiliki skill untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Untuk itu saya akan berikan tips untuk Kamu agar bisa mengatur waktu dengan baik.

Pertama, tentukan prioritas. Menentukan Prioritas adalah sebuah kegiatan berupa menyusun hal-hal yang penting sampai tidak penting, tidak hanya itu. Prioritas adalah sebuah hal yang harus Kamu lakukan untuk menentukan apakah kegiatan tersebut mendesak atau tidak. Sehingga Kamu bisa tentukan apakah itu penting-mendesak, penting-tidak mendesak, dan lain sebagainya.

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

1. Produksi Kue dan Roti Rumahan

Seperti ibu rumah tangga lainnya, biasanya ibu rumah tangga memiliki hobi memasak dan membuat kue. Jika Kamu memiliki hobi ini Kamu bisa memanfaatkannya untuk berbisnis. Dengan melihat kebutuhan dan keinginan pasar, Kamu bisa memasok dan memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Misalkan saja dari hasil riset sederhana ditemukan bahwa Roti gandum sangat diminati, maka Kamu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut dengan kemampuan dan motivasi Kamu.

2. Menjual Minuman Dingin

Menjual minuman dingin seperti menjual es kelapa muda, es kopyor, es doger dan lain-lain adalah ide bisnis yang terlihat biasa, padahal minuman dingin ditengah terik panas, sangat digemari oleh masyarakat ditengah teriknya panasnya siang hari. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia mengenal musim penghujan dan kemarau. Baik hujan maupun kemarau Indonesia tetap mendapat sinar matahari setiap tahunnya, karenanya bisnis minuman dingin sangat cocok di Indonesia apalagi jika bisnis Kamu bertempat di lokasi yang tepat, dan juga minuman dingin yang Kamu jual sesuai kebutuhan masyarakat. Maka besar kemungkinan Kamu bisa sukses berbisnis minuman dingin.

3. Kedai Sarapan Pagi

Kamu bisa membantu banyak orang yang ingin pergi kerja ke kantor dengan cara menyiapkan sarapan untuk mereka. Selain orang yang ingin kerja, Kamu juga bisa menyediakan makanan untuk mahasiswa maupun pelajar lainnya yang ingin pergi beraktivitas pagi hari. Karena bisa jadi karena sibuknya keluarga yang ada akhirnya tidak sempat menyiapkan sarapan, sehingga Kamu bisa menyiapkan sarapan untuk mereka dan mendapatkan keuntungan dari transaksi disana.

4. Pangkas Rambut/ Salon

Pangkas Rambut atau Salon sangat dibutuhkan oleh banyak orang di luar sana mengingat banyaknya orang di luar sana yang ingin tampil lebih menarik dan lebih berwibawa. Seiring dengan banyaknya polusi udara, debu, dan juga trend yang meningkat untuk tampil lebih berwibawa membuat bisnis salon, pangkas rambut, dan make up artis permintaan akan jasa-jasa tersebut melesat kencang. Karenanya Kamu juga harus ambil bagian dengan manfaatkan waktu luang untuk belajar bisnis ini.

4. Usaha Laundry

Usaha Laundry termasuk salah satu usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat karena mengingat trend masyarakat yang ingin menghemat waktu dan kepraktisan. Sehingga Kamu bisa mencoba usaha ini.

Baca juga: Cara Sukses Memulai Bisnis Laundry

5. Agen Pembayaran Listrik dan Telepon

Kamu bisa memanfaatkan peluang pembayaran Listrik dan telepon untuk mendapatkan keuntungan. Sama seperti minimarket di luar sana yang bisa bertransaksi pembayaran listrik dan telepon, Kamu pun bisa menjadi agen pembayarannya tersebut.

6. Retail Beras

Kamu bisa membuka usaha retail beras, maupun usaha retail untuk membuka usaha jenis apapun untuk di kelola dan Kamu bisa ambil keuntungan dari sana.

7. Bisnis Jilbab

Bisnis jilbab juga bisa Kamu manfaatkan untuk meningkatkan pendapatan dengan cara menjual jilbab yang menarik dan sesuai kebutuhan target market sehingga Kamu bisa tingkatkan income dengan mudah.

8. Bisnis Aksesoris wanita

Bisnis Aksesoris Wanita adalah bisnis yang bisa Kamu manfaatkan untuk menjual belikan aksesoris yang biasanya lagi trend seperti kalung, cincin, jam tangan, dan lain sebagainya. Sehingga Kamu bisa manfaatkan peluang tersebut.

Itulah beberapa ide bisnis yang mungkin bisa Kamu terapkan. Mungkin kamu juga punya ide yang lebih bagus dari pada 8 ide bisnis untuk ibu rumah tangga di atas? komen di bawah ya.

Baca juga: Tips Sukses Membangun Personal Branding di Media Sosial yang Harus Kamu Ketahui

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

Abbox.ID