8 Tips Agar Artikel Blog Muncul dihalaman Pertama Google

8 Tips Agar Artikel Blog Muncul dihalaman Pertama Google

Berapa artikel original yang sudah kamu buat? 20, 30, 50 atau mungkin sudah lebih dari 100 artikel? Apakah dari banyaknya artikel yang sudah kamu publis ada yang berada dihalaman pertama google pencarian atau search engine lainnya dengan menembak kata kunci tertentu?

Jika dari 50 postingan dan katakanlah 10 persen (5 postingan) saja artikel ada yang muncul dihalaman pertama google, itu pertanda bagus untuk perkembangan blog kamu kedepannya. Itu berarti kamu sudah cukup paham dalam hal SEO.

Tidak perlu berada diposisi 1 google, dihalaman pertama saja sudah cukup untuk membuka peluang blog kesayangan kamu menjadi ramai kunjungannya. Dalam pembahasan kali ini saya hanya akan berbagi tips bagaimana cara membuat artikel atau postingan agar bisa muncul dihalaman pertama google.

Tips Agar Artikel Blog Muncul dihalaman Pertama Google

  1. Isi artikel blog jangan hasil duplikasi alias copy paste. Di tahun 2022 ini jangan pernah berharap tulisan copas mentah-mentah bisa muncul dihalaman pertama google. Bisa saja artikel copas muncul mengalahkan artikel aslinya, tapi ini perlu teknik SEO yang saya yakin tidak semua orang bisa menguasainya, termasuk saya.
  2. Buat tulisan dengan kepadatan keyword yang tinggi namun harus tetap sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimazition) dan jangan berlebihan, saya sarankan 2% sampai 3% dari seluruh isi postingan. Berkali-kali sudah saya katakan buat variasi kata buka dengan cara mengulang kata-kata yang itu saja. Misalnya kata memasang diulang nantinya dengan kata menambahkan, kata mengatasi bisa divariasi dengan kata mengobati. Menjual divariasikan dengan kata menawarkan namun jangan lepaskan juga kaidah tata bahasa yang baik dan benar.
  3. Perhatikan Bounce Rate. Bounca rate merupakan sebuah indikasi blog berkualitas atau tidak dimata google. Bagaimana caranya? yaitu buat pengunjung bertahan lama saat membaca artikel blog kamu, salah satu caranya adalah membuat artikel secara detail dan informatif. Pastikan loading blog kamu cepat, dan hapus widget-widget yang tidak penting.
  4. Buat internal link yang menautkan ke halaman lain postingan blog kamu sendiri. Tentunya harus sesuai dengan anchor text. Internal link berguna untuk memberikan backlink gratis kepada artikel lain yang mungkin sepi kunjungan atau SERPnya masih jauh dibelakang. Internal link juga bermanfaat untuk mengecilkan alexa rank.
  5. Blog dengan pagerank tinggi dan alexa yang kecil tidak menjamin postingan berada dihalaman pertama pencarian google. Namun backlink dari web ber-Pagerank tinggi bisa mendongkrak posisi artikel kamu di Google SERP.
  6. Maksimalkan SEO on page, mengapa? Pada item no 5, saya katakan bahwa backlink cukup berpengaruh terhadap posisi artikel di SERP Google, namun artikel dengan backlink 0 pun bisa muncul dihalaman pertama asal SEO on Page nya bagus dan berkualitas. Teknik SEO on Page itu antara lain, masukkan kata kunci di alt image tag (klik properties pada gambar yang dimasukkan pada postingan blog), Pakai deskripsi penelusuran saat membuat artikel, perhatikan Permalink post, bedakan sedikit antara judul blog dengan permalink, tujuannya untuk memperkaya keyword.
  7. Edit semua artikel yang sudah pernah kamu terbitkan sebelumnya. Google sangat menyukai artikel fresh, fresh bukan berarti artikel baru, namun artikel lama pun bisa dibilang fresh jika kita mengedit seperlunya dengan penambahan beberapa kata kunci agar artikel lebih nyaman dibaca.
  8. Mencari backlink gratis ke beberapa web directories dan social bookmarking.

Demikianlah beberapa tips sederhana yang menurut saya cukup mudah dilakukan oleh blogger pemula sekalipun, namun jangan langsung berharap artikel kamu bisa muncul di halaman pertama setelah tahu tips diatas.

Walaupun SEO sebenarnya adalah hal yang mudah, tapi SEO itu butuh waktu berbulan-bulan dan konsistensi jika kita mau belajar sendiri, berbeda lagi jika mau membayar orang lain untuk optimasi SEO.

Baca juga: 5 Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Terjadi

2 komentar

  1. saya pernah merasakan artikel yang awalnya di halaman pertama google, kemudian terpental.. bingung juga apa penyebabnya,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebab pastinya saya juga kurang paham mas, tapi kemungkinan karna faktor jarang update artikel blog, perubahan algoritma google itu sendiri, kurang backlink dan yang pasti ada kompetitor lain yang artikelnya jauh lebih fresh.

      Hapus

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID