9 Tips Toko Online untuk Mendapatkan Lebih Banyak Penjualan

9 Tips Toko Online untuk Mendapatkan Lebih Banyak Penjualan

Kita sering mencoba menemukan cara baru untuk meningkatkan tingkat konversi produk kita atau landing page. Bagaimanapun, satu hal yang kita sering lupa adalah memeriksa proses checkout. Banyak orang berpikir apabila seorang visitor mengklik add to cart maka mereka pasti akan menyelesaikan proses pembelian.

Kenyataanya adalah proses check out merupakan bagian paling penting dari landing page itu sendiri. Jika ada bagian yang salah atau jika pelanggan merasa terlalu rumit, maka kemungkinan dia akan meninggalkannya.

Di bawah ini adalah tips bagaimana menerapkan proses checkout yang simpel untuk meningkatkan tingkat konversi secara keseluruhan dan yang paling penting, meningkatkan penjualan!

1. Form yang Jelas dan Simpel

Kesan pertama adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu kebersihan, kejelasan, dan ketepatan dalam proses checkout merupakan langkah pertama memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para pelanggan. Hal yang harus kamu lakukan adalah menghilangkan setiap hambatan yang berpotensi membuat pelanggan kabur.

Sebagai contoh, menghilangkan navigasi bar seperti link dan elemen yang tidak diperlukan adalah cara terbaik untuk membuat pelanggan kamu tetap fokus untuk segera menyelesaikan proses checkout.

Elemen lain yang bisa mempengaruhi keputusan pelanggan dalam memproses pembelian adalah form checkout. Umumnya semakin kecil field yang harus diisi dalam form checkout, semakin besar kesempatan pelanggan untuk menyelesaikan ordernya.

Pertahankan bagian penting dari form saja sebagai contoh jika seorang pembeli membeli konten digital (pdf) jangan meminta mereka untuk mengisi alamat pengiriman. Ingatlah semakin banyak field yang harus diisi maka pelanggan juga membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk dihabiskan dan seperti kita tahu waktu adalah uang. Jangan membuat pelanggan kamu menghabiskan waktunya. Pastikan mereka bisa mengisi form dengan cepat.

2. Masukkan Indikator Visual untuk Proses Pembelian

Seperti yang kamu tahu, setiap orang ingin cepat dalam menyelesaikan transaksi di website kamu. Prosesnya secara normal berarti pelanggan membutuhkan beberapa langkah untuk menyelesaikan transaksi.

Masukkan indikator visual dengan deskripsi setiap langkah yang bisa menguntungkan bisnis kamu. Itu juga bisa membuat pelanggan tahu langkah selanjutnya apa dan bagaimana mereka bisa menyelesaikan transaksi dan mengeliminasi potensi kebingungan.

Jangan membuat banyak langkah untuk menyelesaikan transaksi karena itu akan mengurangi tingkat konversi penjualan. Saya merekomendasikan maksimal 4 langkah dalam menyelesaikan transaksi namun idealnya hanya menggunakan 3 langkah. 3 Langkah itu meliputi Pengiriman, Pembayaran, dan me-review ulang orderan.

Hal yang paling penting juga untuk mengecek form kamu! Tes nomor yang ada di field input, periksa layout page dan tombol juga.

Gilt mempunyai indikator visual yang sempurna. Indikatornya singkat namun jelas memberitahukan seberapa jauh langkah yang sudah pelanggan lakukan dan memberikan informasi untuk langkah selanjutnya.

3. Tidak perlu Registrasi

Banyak situs website memaksa kamu untuk melakukan registrasi sebelum menyelesaikan transaksi. Saran saya jangan lakukan itu. Situs ini meningkatkan penjualannya 300 juta hanya dengan menghilangkan bagian registrasi pada situs mereka.

Alternatif terbaik untuk para pelanggan yaitu dengan memberikan pilihan “tetap melanjutkan sebagai tamu” (continue as guest) sehingga itu akan membawa pelanggan untuk langsung menyelesaikan transaksi. Akun bisa dibuat sepanjang  proses penyelesaian transaksi yang mana bisa membuat pelanggan merasa lebih cepat dalam menyelesaikan transaksi.

Jangan lupa, di samping tombol “lanjutkan sebagai tamu” , ditempatkan form login untuk existing customer sehingga mereka bisa menikmati proses penyelesaian transaksi dengan cepat.

Ketika kamu ingin check out dari situs BestBuy’s kamu bisa login apabila kamu sudah mempunyai akun atau tetap melanjutkan dengan menjadi pelanggan baru tanpa membuat akun.

4. Jangan Biarkan Orang Membatalkan Transaksi

Pembatalan transaksi yang dilakukan oleh para pembeli meningkat dengan tajam. Berita buruknya adalah banyak orang merasakan dampaknya.

Berita baiknya adalah banyak tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pembatalan pembelian, dan follow up email merupakan cara terbaik. Jika kamu berpikir tidak worth, kamu harus berpikir ulang karena Movies Unlimited menunjukkan peningkatan 500% ROI dengan melakukan campaign yang mem-followup pembatalan pembelian.

Seperti yang saya katakan, follow up email merupakan cara terbaik untuk meyakinkan pelanggan kamu untuk kembali dan menyelesaikan tranasaksi. Bagaimanapun, di dalam email tentu saja kamu membutuhkan beberapa elemen yang bisa meyakinkan calon pelanggan. Dibawah ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu lakukan :

  1. Menawarkan diskon.
  2. Menawarkan pengiriman gratis.
  3. Mengirim email follow up secepatnya setelah dia membatalkan pembelian.
  4. Mengirim email kedua setelah 24 jam.

Sekarang Jika kamu bingung bagaimana cara mengirim email follow up jika kamu tidak mewajibkan visitor untuk registrasi, gunakan cara berikut ini:
  1. Tawarkan diskon jika pelanggan mendaftar untuk email newsletter pada saat proses pembelian. Cara ini bisa menyimpan cookie pada komputer pelanggan sehingga kamu bisa mengetahui alamat email mereka. Jika mereka menambahkan barang pada keranjang dan membiarkannya saja tanpa menyelesaikan pembelian, email bisa otomatis dikirim.
  2. Bagi yang sudah mempunyai akun dan sudah login pada website maka apabila mereka menyimpan keranjang belanja mereka, Jika mereka meninggalkannya mereka akan menerima email follow up(karena email mereka sudah terdaftar dalam akun tersebut)

5. Tawarkan Pengiriman Gratis

Beberapa retailer enggan memberikan pengiriman secara gratis. Namun ternyata apa yang mereka tidak sadari adalah 44% pengunjung yang tidak menyelesaikan transaksi karena mereka tidak ingin membayar biaya pengiriman.

Studi kasus lain menunjukkan bahwa pengiriman secara gratis merupakan fitur nomor satu yang paling mendukung pembelian. Sebenarnya, tidak semua retailers bisa melakukannya tetapi saya sangat mendorong kamu untuk mencoba melakukannya. Jika kamu berpikir tidak bisa membebaskan biaya pengiriman, coba pertimbangkan untuk menawarkan pengiriman gratis apabila diatas x dollar.

Jika kamu memutuskan membebaskan biaya pengiriman. Jangan disembunyikan. Pastikan iklan pengiriman gratis kamu atau pengumuman kamu selalu bisa dilihat oleh pelanggan. Maksud saya ketika mereka pertama kali masuk ke dalam situs bisnis online kamu hingga mereka menyelesaikan proses pembelian. Tunjukkan berapa biaya yang bisa mereka hemat karena fitur pengiriman gratis ini sehingga itu bisa lebih meyakinkan mereka untuk menyelesaikan proses pembelian.

6. Tunjukkan Kamu Bisa di Percaya

Pelanggan perlu merasa aman ketika mereka berada di dalam situs kamu, khususnya ketika mereka melakukan transaksi pembelian. Mereka perlu mengetahui bahwa informasi kartu kredit yang mereka berikan bisa aman dan kamu bisa dipercaya oleh mereka.

Seperti saya katakan sebelumnya, desain yang profesional merupakan langkah pertama. Bagaimanapun itu merupakan hal penting untuk membuat pelanggan merasa nyaman dan mempercayai situs kamu karena sekarang banyak sekali orang yang semakin sadar mengenai keamanan dalam internet. Dengan menambahkan elemen yang bisa meyakinkan mereka dalam situs website kamu seperti yang dilakukan oleh Slideshop. Itu dapat meningkatkan penjualan hingga 15%. Di bawah ini beberapa elemen penting yang bisa membuat pelanggan kamu merasa aman dan nyaman.

- Garansi

Jika orang telah menambahkan barang ke dalam keranjang, mereka masih membutuhkan sedikit keyakinan untuk membeli dari situs kamu. Dengan memberikan garansi 100% uang kembali merupakan salah satu cara untuk meyakinkan pelanggan kamu. 99designs memberikan garansi uang kembali 100% apabila pelanggan mereka tidak puas.

-  Testimoni

Testimoni menjadi alat yang bisa sangat kuat untuk meyakinkan pelanggan ketika pelanggan kamu ragu dengan produk yang kamu jual. Dengan testimoni yang memberikan rekomendasi maka pelanggan kamu akan merasa lebih tenang. Sebagai contoh : dalam proses pembelian ketika pelanggan harus mengisi informasi kartu kredit, mereka membutuhkan testimoni untuk meyakinkan mereka. Satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa kamu tidak akan mendapatkan testimoni begitu saja dari manapun. kamu yang harus mengejar testimoni dari para pelanggan. Kirimkan pelanggan setia kamu melalui email untuk meminta bantuan untuk memberikan testimoni. Ini akan sangat membantu karena 57% orang yang belanja secara online melihat review dan testimoni sebagai pertimbangan mereka.

7. Menawarkan Produk yang Berhubungan atau Hampir Sama

Langkah yang pintar apabila kamu bisa mendapatkan penjualan dengan barang yang lebih mahal atau penjualan barang yang berhubungan dengan pembelian sebelumnya. Itu juga bisa meningkatkan peluang pelanggan untuk meng-order lebih banyak. Jika pelanggan membeli senter, mengapa kamu tidak menjual baterai juga kepadanya? Apple melakukannya pada iPhone misalnya dengan menawarkan sarung, adaptor, charger sebelum pelanggan menyelesaikan pembelian.

Cara terbaik untuk melakukan ini yaitu dengan sidebar samping yang menampilkan nama, gambar, dan tombol keranjang untuk menambahkan barang sesuai dengan produk yang berhubungan. Ingat kamu hanya boleh menampilkan produk yang berhubungan saja. Produk yang sejenis juga harus lebih murah dibandingkan dengan yang ingin dibeli oleh pelanggan.

HP memberikan rekomendasi produk yang lebih murah dari produk yang Anda inginkan beli dan mereka juga menawarkan produk yang berhubungan dengan produk yang Anda ingin beli hanya dengan satu klik.

8. Berikan Petunjuk Selanjutnya

Setelah pelanggan memproses tombol pemesanan lalu apa yang mereka harus lakukan? Pastikan kamu memberitahu mereka. Pertama berikan ucapan terima kasih atas pesanan mereka dan pastikan order mereka diterima untuk mencegah kebingungan pelanggan. Jika kamu mengirimkan email ketika order sudah sampai, biarkan mereka tahu informasi tersebut.

9. Membuat Pembelian Mereka Terhubung dengan Sosial Media

Satu hal yang biasa dilakukan oleh retailers yaitu memberikan kesempatan pelanggan mereka untuk memberitahukan pembelian mereka di social media

Taktik yang baik menerapkan tombol facebook like dan twitter follow pada halaman terakhir kamu. Apabila mereka pelanggan yang membeli dari kamu, mereka kemungkinan besar akan like atau follow brand kamu. Lalu apabila produk kamu tampil di newsfeed maka kesempatan penjualan akan meningkat.

Pilihan lainnya memungkinkan pelanggan untuk mengupdate twitter atau facebook dengan sedikit tambahan pesan sebelum mereka melakukan order.(Contohnya : Saya baru saja membeli alat baru di toko ABC! Check this out: yourstore.com/abbox.id.”)

Kesimpulan

Proses checkout sangat penting terhadap landing page. Dalam prosesnya terdapat banyak elemen yang membutuhkan banyak peningkatan. Namun, jika kamu melakukannya dengan benar, kamu akan mengurangi pembatalan order, meningkatkan tingkat konversi, dan akhirnya mencapai tujuan kamu. Ingat, semuanya berhubungan dengan mengurangi hambatan dan membuat proses menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Keuangan Sebelum Memulai Bisnis

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

Abbox.ID