Trik Mengoptimalkan Kinerja Komputer yang Lemot

Trik Mengoptimalkan Kinerja Komputer yang Lemot

Setelah komputer berjuang untuk melakukan semua aktivitas pekerjaan, pasti kamu pernah merasa komputer pribadi maupun komputer sever kinerja menjadi melambat, sering crash, not responding dan yang paling membuat jengkel adalah waktu mekerjakan sesuatu tiba-tiba komputer hang atau restart dengan sendirinya. Nah disaat itulah komputer kamu perlu di resfresh dengan berbagai cara, salah satunya kamu bisa menggunakan cara gratis optimalkan kinerja komputer lemot.

Berikut langkah-langkah gratis untuk optimalkan kinerja komputer.

1. Pangkas Aplikasi Startup

Pertama coba langkah sederhana dahulu, mungkin dengan banyaknya aplikasi di dalam komputer yang berjalan otomatis pada saat startup, memakan waktu yang lama untuk membukanya. Sehingga komputer menjadi melambat.

Kamu bisa mengecek aplikasi apa saja yang berjalan otomatis saat start dengan membuka tab Startup Windows 8 Task Manager atau dengan jalan pintas tekan pada keyboard, Lambang Windows + R, dan ketik “msconfig” tanpa petik. Setelah keluar window system configuration, pilih tab Startup, kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang berjalan saat startup, dan hilangkan centang pada aplikasi yang dirasa tidak perlu. Setelah itu coba restart komputer.

2. Pembersihan dengan Software

Jika mengurangi aplikasi startup tidak begitu maksimal, mungkin komputer kamu terserang virus atau malware. Komputer yang terhubung dengan internet sangat rentan terserang virus atau malware, jadi ada baiknya kamu menginstal antivirus yang terepercaya dan coba scan seluruh drive pada komputer, kamu harus sabar pada proses ini karena akan memakan waktu yang cukup lama.

Selanjutnya cek aplikasi-aplikasi yang terinstal dan buang / uninstall jika dirasa tidak perlu untuk optimalkan kinerja komputer. Jika kamu masih menggunakan windows xp coba lakukan defrag hardisk, hal ini bertujuan untuk menata ulang file-file yang tersimpan pada hardisk agar lebih rapih.

3. Pembersihan pada Hardware

Pembersihan selanjutnya pada hardware, komputer yang sering digunakan apalagi ditempatkan pada udara terbuka, pasti didalam cpu akan banyak debu-debu yang menempel pada board, hdd ataupun pada fan. Bersihkan menggunakan sikat halus atau jika ingin pembersihan sempurna, kamu bisa menggunakan blower angin untuk menyemprot setiap bagian-bagian cpu. Saya sudah menggunakan ini dan terbukti ampuh untuk optimalkan kinerja komputer.

Tips: Jika ada waktu luang, kamu bisa mencopot bagian-bagian dalam cpu komputer, dan semprot dengan Blower tadi, setelah itu gosok dengan lap halus.

4. Menginstal Ulang Windows

Jika kamu sudah kehabisan kesabaran, setelah melakukan trik-trik di atas serta berbagai optimasi untuk optimalkan kinerja komputer telah dilakukan. Install ulang windows menjadi obat paling manjur. Windows memang dikenal akan melambat setelah dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama.

Perlu di ingat, sebelum melakukan install ulang, Lakukan Backup semua data penting, simpan di tempat yang aman, bukan pada drive system yang nanti akan di format. Cek di My Document, serta hasil download kamu yang belum di pindahkan dan backup juga aplikasi-aplikasi  serta driver tertentu yang sudah kamu install.

5. Overclock Komputer

Ingin optimalkan kinerja komputer tanpa memebeli produk baru? Overclock komputer bisa menjadi solusi. Overclock bertujuan memaksimalkan kinerja (sedikit memaksa) hardware yaitu mempercepat kecepatan Prosessor, RAM dan juga Kartu grafis (GPU) yang memungkinkan komputer menjadi lebih cepat dari sebelumnya, efek buruknya komputer menjadi lebih panas dari sebelumnya, karena itu perlu pendinginan yang lebih optimal. Overclock seringkali membuat komputer rakitan kamu menjadi rentan rusak jika tidak disetting dengan benar. Sebelum melakukan overclock sebaiknya kamu membaca tutorial overclock yang sesuai dengan spek komputer dan pahami baik-baik tentang overclock, dampak dan setingan yang aman untuk komputer kamu.

Baca juga: Tips Sebelum Membeli Smartphone Agar Tidak Menyesal

Posting Komentar

Hak Cipta © 2021-2022

Abbox.ID