Tips Sukses Usaha Cuci Motor dan Mobil

Tips Sukses Usaha Cuci Motor dan Mobil

Sebelum berbicara tips-tips sukses agar usaha cuci motor dan mobil kamu bisa menghasilkan profit yang besar dan bisa membantu masyarakat agar mendapat kenyaman. Saya akan tunjukkan angka jumlah kendaraan bermotor pada 2015 mencapai 121,39 juta unit. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, dari angka tersebut yang paling banyak adalah sepeda motor dengan jumlah 98,88 juta unit (81,5 persen). Diikuti mobil penumpang dengan jumlah 13,48 juta unit (11,11 persen), kemudian mobil barang 6,6 juta unit (5,45 persen), serta mobil bis dengan jumlah 2,4 juta unit (1,99 persen) dari total kendaraan.

Trend  Pertumbuhan Kendaraan Bermotor

Melihat angka pertumbuhan kendaraan bermotor dan juga di Indonesia dikenal dengan dua musim yaitu kemarau dan hujan, tentu membuat bisnis cuci steam berkembang pesat. Ketika kemarau banyak debu yang pasti menempel pada kendaraan, sedangkan saat musim hujan terdapat banyak lumpur maupun hujan yang menempel di kendaraan. Konsekuensinya adalah jika tidak segera dibersihkan akan membuat buruk penampilan kendaraan seperti karat, baret dan lain-lain.

Lebih berbahayanya lagi bisa menimbulkan kerak permanen yang mungkin sangat sulit dibersihkan. Sedangkan dengan kesibukan aktivitas terkadang membuat pengguna kendaraan tidak memiliki waktu untuk membersihkannya, sedangkan saat weekend atau waktu libur, biasanya waktu dihabiskan untuk beristirahat ataupun berekreasi bersama keluarga.

Sehingga dengan kamu membuka bisnis usaha cuci motor dan mobil tentunya ini adalah momentum yang tepat untuk bisa membantu kebutuhan mereka. Namun tentunya yang melihat peluang ini, tentu bukan kamu saja. Karenanya saat membuka bisnis ini kamu harus memiliki perbedaan dengan yang usaha lainnya, karenanya kali ini saya akan memberikan ide-ide segar untuk kamu aplikasikan kepada bisnis cuci motor dan mobil ini. Sehingga dengan menerapkannya kamu bisa mendapatkan nilai tambah dibandingkan competitor, sehingga tips ini sangat baik untuk bisnis kamu.

Nilai Tambah Bisnis Cuci Motor dan Mobil

1. Buat Cafe

Ide nilai tambah cuci steam Pertama, kamu bisa membuat usaha ini berbeda dengan yang lainnya dengan cara memberikan tambahan pelayanan seperti cafe. Dengan adanya nilai tambah berupa cafe tentu selain membantu konsumen kamu menunggu hasil cuci motor atau mobil mereka selesai, mereka bisa melakukan pembelian makanan ringan dan minuman seperti kopi, the, susu, dan lain-lain. Sehingga kamu bisa menambahkan sumber income baru.

2. Menjual Aksesoris Motor & Mobil

Ide nilai tambah kedua cuci steam motor dan mobil, kamu bisa menambahkan usaha baru atau kolaborasi dengan bengkel dan menjual perlengkapan aksesosris berkendara. Dengan konsumen memanfaatkan waktu tunggu baik waktu tunggu mengantre pelayanan maupun waktu tunggu menyelesaikan cucian kendaraan. kamu juga bisa menjual berbagai aksesoris kendaraan baik motor maupun mobil, seperti helm, sarung tangan motor dan aksesoris lainnya.

3. Buka Salon

Ide nilai tambah cuci steam motor dan mobil ketiga, kamu bisa menambahkan usaha baru seperti salon, dengan menambahkan salon, tentu bisa meningkatkan omset kamu. Salon yang kamu tawarkan tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan market. Misalkan Salon lengkap khusus wanita termasuk spa, pangkas rambut untuk pria, salon untuk kuku seperti kutek. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan nilai tambah pada salon seperti potongan harga, dan bentuk promosi lainnya.

Jika kamu sebelumnya belum punya pengalaman mengelola salon kamu bisa bekerja sama dengan pengusaha salon di sekitar, atau dengan yang kamu kenal dengan system bagi hasil. Tentunya hal ini memudahkan kamu untuk tidak repot mengelola salon sekaligus cuci steam dan tentunya dengan sistem bagi hasil ini juga tentu mengurangi risiko kegagalan bisnis salon tersebut.

4. Usaha Cuci Helm

Ide nilai tambah cuci steam keempat adalah kamu bisa menambahkan usaha cuci helm, dengan memberikan nilai tambah berupa cuci helm, akan membuat usaha cuci steam kamu semakin lengkap. Karena dengan adanya cuci helm membantu konsumen kamu untuk bisa terhindarkan dari penyakit kulit karena helm kotor maupun bau tidak sedap. Hal ini membuat banyak orang terbantu dengan bisnis kamu. Harga yang ditawarkan pun bisa kamu tentukan dengan melihat rata-rata competitor disekitar kamu, menawarkan harga ataupun bisa menyusun sendiri harga yang pas, yang terpenting kamu masih bisa mendapatkan keuntungan dari sana.

5. Usaha Fitnes

Ide nilai tambah cuci steam kelima adalah kamu bisa menambahkan usaha Fitness. Banyak orang di luar sana sekarang mulai mengikuti gaya hidup sehat. Seperti makanan-makanan bergizi, olahraga teratur dan masih banyak lagi. kamu bisa memanfaatkan momen ini. kamu bisa mendirikan usaha cuci steam tepat disebelah tempat fitness atau membuka kedua usaha tersebut dengan harapan setelah konsumen kamu selesai Fitness, mereka bisa mendapatkan motor atau mobil mereka dalam keadaan bersih, sehingga mereka bisa ke kantor atau ke tempat lainnya dengan kondisi tubuh lebih fit dan juga dengan kenyamanan yang semakin meningkat karena bersihnya kendaraan.

Baca juga: Cara Sukses Memulai Bisnis Laundry

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

Abbox.ID